Tautan-tautan Akses

Kongres AS akan bertindak Jika Saudi Bersalah atas Hilangnya Khashoggi


Senator Mark Warner dari Partai Demokrat dalam sebuah konferensi pers mengenai intervensi Rusia dalam pemilu AS 2016, di Capitol Hill, Washington DC, 29 Maret 2017.

Para Senator Amerika Serikat mengatakan Kongres harus mengambil tindakan terhadap Arab Saudi jika para pemimpin negara itu bertanggung jawab atas pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi.

Namun para senator berbeda pendapat mengenai apakah tindakan legislatif harus dilakukan dengan atau tanpa dukungan presiden atau tindakan-tindakan yang harus dilakukan.

"Jika presiden tidak bersedia menjalankan tanggung jawabnya, Kongres akan bertindak," kata Senator Mark Warner yang merupakan anggota Komite Intelijen Senat dan mewakili negara bagian Virginia, tempat Khashoggi tinggal, seperti dilaporkan oleh kantor berita Associated Press.

"Salah satu hal yang baik adalah tindakan itu akan sangat bipartisan," kata Warner menambahkan.

Partai Republik dan Partai Demokrat mengecam pembunuhan Khashoggi. Lebih dari 20 senator Republik dan Demokrat menginstruksikan kepada Trump pekan lalu agar memerintahkan penyelidikan atas penghilangan Khashoggi di bawah undang-undang yang memberi wewenang sanksi bagi pelaku pembunuhan di luar hukum, penyiksaan atau pelanggaran HAM berat lainnya.

Wartawan itu selama setahun terakhir mengasingkan diri di Virginia. Surat anggota legislatif itu merupakan langkah awal berdasarkan UU Global Magnitsky Act untuk mengambil tindakan hukuman. [my]

XS
SM
MD
LG