Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS: Saudi Janjikan Ungkap Hasil Penyelidikan Wartawan yang Hilang


Menteri Luar Negeri AS Michael R. Pompeo (kiri) bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdo─čan di Ankara, Turki, 17 Oktober 2018.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Rabu (17/10), bertemu dengan sejumlah pejabat tinggi Turki, termasuk Presiden Recep Tayyip Erdogan, setelah mendapat jaminan dari para pemimpin Arab Saudi bahwa mereka akan menunjukkan ke seluruh dunia hasil penyelidikan seksama hilangnya jurnalis Saudi yang tinggal di AS.

Meski demikian, Pompeo tidak mengeluarkan pernyataan mengenai isi pembicaraanya dengan Erdogan atau Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu sebelum meninggalkan Turki.

Jamal Khashoggi, pengeritik kerajaan Saudi yang telah berulangkali menulis untuk suratkabar Washington Post, terakhir kali terlihat 2 Oktober lalu sewaktu memasuki konsulat Saudi di Instabul.

Sejumlah pejabat Turki menuduh agen-agen Saudi membunuh Khashoggi. Para pejabat Saudi membantah tuduhan itu, dan mengatakan bahwa Khashoggi telah meninggalkan konsulat itu atas kehendaknya sendiri.

The Wall Street Journal melaporkan Selasa malam (16/10), agen-agen Saudi memukuli, membius dan obat-obatan, dan kemudian membunuh dan memutalisinya. Surat kabar itu mengatakan, para pejabat Turki telah berbagi bukti yang mereka miliki, termasuk rekaman suara, dengan para pejabat Saudi dan AS.

Pompeo mengatakan kepada wartawan, Rabu (17/10), sebelum terbang ke Turki, bahwa dalam pertemuannya dengan Raja Saudi Salman, Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan Menlu Adel al-Jubeir, ia menegaskan perlunya penyelidikan lengkap dan mendapat jaminan bahwa penyelidikan itu akan berlangsung. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG