Tautan-tautan Akses

Buntut Hilangnya Wartawan, Perusahaan Barat Mundur dari Konferensi Investasi di Saudi


Menlu AS Mike Pompeo bertemu Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman di Riyadh untuk membahas hilangnya wartawan Jamal Khashoggi (16/10).

Pemimpin-pemimpin perusahaan Barat terus menarik diri dari konferensi investasi di Arab Saudi minggu depan, menjauhkan diri dari pertanyaan tentang keterlibatan Saudi mengenai hilangnya wartawan Saudi yang bermukim di AS yang diduga dibunuh di Turki.

Semula, banyak pemimpin bisnis memberi penilaian atas apa yang terjadi pada wartawan yang hilang, Jamal Khashoggi. Tetapi ketika laporan dari Turki memuncak dan menuduh bahwa agen Saudi menyiksa, membunuh dan memutilasi Khashoggi dua minggu lalu di dalam konsulat negara itu di Istanbul, para eksekutif utama perusahaan-perusahaan itu mengumumkan dalam beberapa hari terakhir, mereka tidak akan menghadiri konferensi Inisiatif Investasi Masa Depan, yang berlangsung tiga hari di Riyadh mulai Selasa.

Arab Saudi membantah telah membunuh Khashoggi, seorang kritikus Putra Mahkota Muhammad bin Salman, pemimpin de facto negara itu, dalam artikel yang ditulisnya untuk harian Washington Post. Saudi mengatakan akan mengungkapkan hasil penyelidikannya tentang hilangnya Khassogi.

CEO JP Morgan, Jamie Dimon dan kepala dua perusahaan investasi utama AS, BlackRock dan Blackstone tidak hadir di konferensi itu. Para eksekutif tinggi pabrik mobil Ford dan perusahaan kartu kredit MasterCard mengatakan tidak akan pergi, sementara perusahaan mesin pencari Google mengatakan Selasa, kepala bisnis cloud-nya juga tidak akan hadir pada acara itu.

Para kepala bank Eropa, BNP Paribas, Credit Suisse, HSBC, Standard Chartered, dan Societe Generale juga membatalkan datang ke konferensi.

Presiden AS Donald Trump mengatakan, Arab Saudi tidak boleh dihakimi bersalah dalam insiden itu sementara penyelidikan sedang dilakukan, kata Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin yang akan memutuskan pada hari Jumat apakah akan hadir. (ps/al)

‚Äč

XS
SM
MD
LG