Tautan-tautan Akses

Konferensi Donor Badan PBB Untuk Palestina Digelar Maret


Karyawan warga Palestina yang bekerja di United Nations Relief and Works Agency (UNRWA) mengacungkan poster dalam unjuk rasa memprotes keputusan As untuk mengurangi bantuan di Kota Gaza, 29 Januari 2018.

Konferensi donor akan diadakan bulan depan untuk mengumpulkan dana bagi pengungsi Palestina akibat keputusan Amerika mengurangi bantuannya, kata deputi duta besar Swedia untuk PBB, Selasa (27/2).

Konperensi itu akan diadakan pada 15 Maret di Roma denganSwedia, Yordania dan Mesir bertindak sebagai tuan rumah. Konferensi juga akan dihadiri Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropah Federica Mogherini. Keduanya mengimbau negara-negara untuk mengisi kekurangan akibat putusan Amerika itu.

Baca: Amerika Menahan Dana untuk Jutaan Pengungsi Palestina

Amerika mengumumkan Januari akan memberi $60 juta kepada UNRWA (United Nations Relief and Works Agency), hanya sebagian kecil dari$350 juta yang setiap tahun diberikan AS kepada badan PBB itu.

“Kami ingin UNRWA tetap memberi layanan. Ini bukan saja kewajiban kemanusiaan tetapi juga penting sekali bagi stabilitas di kawasan yang lebih besar” kata Deputi Duta Besar Swedia, Carl Skau.

Baca: UNRWA Kecam Keras Pemangkasan Bantuan AS untuk Pengungsi Palestina

Bulan lalu Duta Besar Amerika untuk PBB, Nikki Haley, mengatakan Amerika tidak akan memulihkan bantuan penuhnya sampai Palestina setuju “kembali ke meja perundingan” dan mencapai perdamaian dengan Israel. [al]

XS
SM
MD
LG