Tautan-tautan Akses

AS

Komite Senat AS akan Adakan Pemungutan Suara untuk Calon Menlu


Calon Menteri Luar Negeri AS pilihan Presiden Donald Trump, Rex Tillerson saat memberikan keterangan di hadapan Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS di Gedung Capitol, Washington DC, 11 Januari 2017. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Komite Hubungan Luar Negeri Senat dijadwalkan akan mengadakan pemungutan suara, Senin (23/1) guna menentukan pilihan Presiden Donald Trump, eksekutif minyak Rex Tillerson untuk menteri luar negeri, dan sejauh ini masih belum jelas apakah Senator Republik Marco Rubio akan mendukung nominasi itu.

Pada hari Minggu (22/1), dua senator Partai Republik yang berpengaruh, Senator John McCain dan Senator Lindsey Graham memberikan dukungan kepada Tillerson setelah sebelumnya mengungkapkan keprihatinan serius atas hubungannya dengan Rusia.

“Meskipun kita masih memiliki keprihatinan tentang transaksi masa lalunya dengan pemerintah Rusia dan Presiden Vladimir Putin, kami percaya bahwa Tillerson dapat menjadi promotor yang efektif bagi kepentingan AS,” kata McCain dan Graham dalam sebuah pernyataan bersama, Minggu (22/1).

“Ini bukan keputusan yang mudah,” kata McCain dalam program This Week televisi ABC. “Tapi saya juga percaya bahwa, bila ada keraguan, presiden juga mendapat manfaat dari keraguan itu.”

Sementara dukungan dari McCain dan Graham merupakan sokongan bagi peluang Tillerson, kedua senator itu tidak masuk dalam Komite Hubungan Luar Negeri Senat, yang akan memberikan suara untuk nominasi itu, Senin petang (23/1). Senator Republik dari Florida Marco Rubio menjadi anggota komite itu, tapi sejauh ini belum mengumumkan apakah dia akan mendukung Tillerson.

“Kami bekerja melalui proses. Ketika kami punya jawaban dan keputusan, kita pasti akan memberitahu Anda,” kata Rubio akhir pekan lalu. [lt]

XS
SM
MD
LG