Tautan-tautan Akses

Komandan Penjara Khmer Merah, Duch, Meninggal di Kamboja 


Wartawan di ruang media menyaksikan kesaksian Kaing Guek Eav, alias Duch, mantan ketua S-21 dalam pengadilan yang didukung oleh PBB di Phnom Penh, 7 Juni 2016. (Foto: Neou Vannarin/VOA Khmer)

Seorang juru bicara pengadilan mengatakan komandan Duch, tokoh senior Khmer Merah yang mengelola penjara paling terkenal di Kamboja selama rezim genosida, meninggal pada Rabu (2/9). Pengadilan tersebut menghukum Duch atas kejahatan perang.

Duch, 77, yang nama aslinya Kaing Guek Eav, adalah komandan Khmer Merah pertama yang dihukum karena kejahatan terhadap kemanusiaan pada 2010. Dia dijatuhi hukuman pada 2012 setelah pengadilan yang didukung PBB menolak klaim bandingnya bahwa ia hanya seorang pejabat bawahan yang menjalankan perintah. Ia dijatuhi hukuman seumur hidup.

"Duch meninggal pagi ini pada pukul 00.52 (1752 GMT, Selasa), 2 September di Rumah Sakit Persahabatan Khmer Soviet. Rincian mengenai ia meninggal karena apa, tidak bisa saya sampaikan," kata juru bicara pengadilan Khmer Merah Neth Pheaktra. [my/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG