Tautan-tautan Akses

Koalisi Pimpinan AS Tingkatkan Akses terhadap Landasan Udara di Suriah


Beberapa anggota pasukan Demokratik Suriah atau SDF yang didukung Amerika, dalam pertempuran di pinggiran Raqqa, Suriah (foto: dok).

Setelah berhasil merebut landasan pesawat terbang strategis di Suriah utara dari ISIS, pasukan yang didukung Amerika dan militer Amerika punya akses ke lima fasilitas seperti itu di kawasan, sebuah jaringan penting dalam perang melawan ISIS, demikian kata pejabat Amerika dan analis.

Dua pejabat Amerika mengatakan kepada VOA bahwa para insinyur dan teknisi Amerika sedang memperbaiki dan memulihkan landasan dekat bendungan Tabqa yang berhasil direbut oleh Pasukan Demokratik Suriah atau SDF yang didukung Amerika pada Minggu (26/3).

Jenderal Carlton Everhart, panglima dari Air Mobility Command, AU Amerika, mengatakan, anak buahnya telah mentranspor pasukan SDF ke belakang garis pertahanan ISIS sehingga mereka bisa melancarkan serangan dan merebut landasan udara itu.

Menurut komandan SDF landasan udara itu dalam keadaan rusak dan ISIS sudah menghancurkan sebagian besar sarana di sana. [jm]

XS
SM
MD
LG