Tautan-tautan Akses

Koalisi AS dan 6 Negara Arab Umumkan Sanksi terhadap Pendukung Taliban


Menteri Keuangan AS, Steve Mnuchin

Sebuah koalisi Amerika dan enam negara Teluk Persia, termasuk Arab Saudi, hari Selasa (23/10) mengumumkan sanksi terhadap sembilan orang yang menjadi anggota atau mendukung Taliban.

Pusat Sasaran Pembiayaan Teroris (TFTC) mengatakan, mereka memasukkan dua anggota Pengawal Revolusi Iran ke dalam daftar untuk menonjolkan "perilaku Iran mengacau stbilitas regional", memperkuat "kampanye tekanan maksimum AS terhadap Iran”.

"Menyediakan pelatihan militer, pembiayaan, dan persenjataan Iran kepada Taliban adalah contoh lain yang nyata dari campur tangan regional dan dukungan Teheran kepada terorisme," kata Menteri Keuangan AS, Steve Mnuchin.

Daftar ini juga menampilkan pelaku-pelaku terkemuka Taliban, beberapa di antaranya membantu mengkoordinasikan pengiriman senjata dari Iran ke organisasi teror.

Individu-individu yang diberi sanksi oleh pemerintah AS biasanya mempunyai rekening bank atau aset yang dibekukan di AS dan dikenai larangan perjalanan. Departemen Keuangan mewakili AS dalam koalisi, secara khusus tidak mengatakan bentuk sanksi apa yang akan diambil dalam kasus ini.

TFTC dibuat tahun 2017 untuk mengidentifikasi dan mengacaukan jaringan keuangan teroris dan diketuai bersama oleh AS dan Arab Saudi. (ps/al)

Recommended

XS
SM
MD
LG