Tautan-tautan Akses

Brigadir Jenderal Amerika Terluka di Afghanistan


Brigadir Jenderal Angkatan Darat AS Jeffrey Smiley (Foto: Staff Sgt. Neysa Canfield)

Angkatan Darat Amerika telah mengukuhkan bahwa seorang brigadir jenderal merupakan satu dari dua orang Amerika yang terluka dalam serangan di Afghanistan pekan lalu, yang menewaskan seorang kepala polisi di Afghanistan.

Brigadir Jenderal Angkatan Darat AS Jeffrey Smiley, yang bertanggung jawab atas misi penasihat militer NATO di Afghanistan, tertembak ketika pria bersenjata berseragam pasukan keamanan Afghanistan, melepaskan tembakan ke arah sekelompok pejabat yang meninggalkan pertemuan dengan komandan tertinggi NATO di Afghanistan, Jenderal Scott Miller.

Jenderal Miller lolos dari serangan itu tanpa cedera, tetapi seorang warga sipil Amerika juga tertembak.

Jenderal Abdul Raziq, orang kuat anti-Taliban, terluka parah, bersama dengan Jenderal Abdul Momim, kepala dinas intelijen setempat, NDS.

Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan di dalam kompleks yang dijaga sangat ketat itu, yang merupakan pukulan telak bagi pemerintah Afghanistan di salah satu provinsi yang paling penting secara strategis. Insiden itu menunjukkan kemampuan para pemberontak untuk menyerang para pemimpin senior militer maupun sipil. [lt]

XS
SM
MD
LG