Tautan-tautan Akses

Koalisi Abe Menang Telak di Pemilu Jepang


Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe (kanan), pemimpin Partai Demokratik Liberal berfoto bersama Wakil Presiden Masahiko Komura sambil menandai nama-nama politisi yang terpilih dalam pemilihan majelis rendah parlemen di markas Partai LDP di Tokyo, Jepang, 22 Oktober 2017.

Perdana Menteri Shinzo Abe kembali mencetak kemenangan setelah partai koalisi yang berkuasa menang telak dalam pemilihan umum di Jepang, kantor berita Associated Press dan Reuters melaporkan.

Partai Demokratik Liberal dan mitra koalisi telah memenangkan setidaknya 312 kursi dari 465 kursi di majelis rendah parlemen, melebihi batas 310 untuk mayoritas dua pertiga suara, menurut laporan media Jepang seperti dikutip Associated Press. Empat kursi lagi masih belum ditentukan.

Dengan kemenangan ini, Abe berpeluang memimpin kembali Partai Demokratik Liberal untuk tiga tahun mendatang pada September tahun depan. Hal ini berarti juga Abe bisa memperpanjang posisi perdana menteri hingga 2021 dan memberikan kesempatan untuk memenangkan persetujuan masyarakat akan visi kebijakan pasifis yang diusungnya.

“Kita memenangkan dua pertiga mayoritas sebagai blok berkuasa, namun perlu berusaha untuk membentuk kesepakatan luas di antara kelompok berkuasa dan oposisi (untuk merevisi konstitusi),” kata Abe pada konferensi pers, Senin (23/10) seperti dilaporkan Reuters.

Abe mengatakan dia ingin partai lain bergabung, termasuk Partai Harapan pimpinan Gubernur Tokyo, Yuriko Koike dan tidak akan memaksa untuk mengubah konstitusi pada 2020 seperti yang pernah dikemukakan awal tahun ini.

Kemenangan ini juga berarti Abe akan meneruskan kebijakan-kebijakan yang dia jalankan sejak menjabat kursi perdana menteri pada 2012 yaitu sikap keras terhadap Korea Utara, hubungan dekat dengan Washington termasuk untuk pertahanan, kebijakan moneter yang sangat longgar dan mendorong pengembangan energy nuklir. Kemenangan Abe juga mendorong kenaikan bursa saham di Tokyo, Senin pagi.[fw/au]

XS
SM
MD
LG