Tautan-tautan Akses

Kim Jong Un Saksikan Parade Ulang Tahun ke-73 Korea Utara


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyapa orang-orang pada saat peringatan ke-73 berdirinya Korea Utara di Pyongyang pada 9 September 2021. (Foto: KCNA via REUTERS)

Korea Utara menggelar parade tentara dan perangkat keras militer di ibu kotanya semalam dalam perayaan ulang tahun ke-73 negara itu. Perayaan tersebut disaksikan pemimpin Kim Jong Un, media pemerintah melaporkan Kamis (9/9).

Belum jelas senjata apa saja yang dipamerkan dalam acara itu. Namun ada indikasi bahwa parade tersebut, yang menurut Korea Utara melibatkan pasukan paramiliter dan keamanan rakyat, tidak menampilkan seluruhnya dibandingkan pada parade militer sebelumnya pada Januari dan Oktober tahun lalu, di mana Korea Utara menampilkan beberapa senjata strategis paling provokatif yang mengancam rival-rival Asia dan daratan Amerika.

Media pemerintah tidak melaporkan persenjataan balistik yang dipamerkan kali ini. Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, dan surat kabar Rodong Sinmun menerbitkan foto dan laporan tentang jet tempur yang terbang dalam formasi di atas Lapangan Kim Il Sung yang terang benderang. Nama lapangan itu diambil dari nama kakek Kim, pendiri negara itu. Foto-foto juga menampilkan artileri yang diangkut traktor. Ada juga pawai anjing pelacak dan tentara yang memakai masker gas dan jas merah cerah.

KCNA menggambarkan peristiwa yang berfokus pada pesan domestik, memuji unit organisasi pertahanan sipil dan pasukan keamanan publik karena dianggap berkontribusi besar dalam menanggulangi pandemi, membangun kembali komunitas yang hancur akibat banjir, dan upaya untuk meningkatkan ekonomi yang terpukul oleh sanksi internasional, dan penutupan perbatasan akibat pandemi.

Foto-foto menunjukkan Kim, mengenakan setelan jas krem, melambai dari balkon ke arah pasukan dan penonton yang berkumpul. Laporan itu tidak mengatakan apakah Kim berpidato dalam acara tersebut. [ka/ab]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG