Tautan-tautan Akses

Korea Utara Gelar Parade Militer Peringati HUT Nasional 


Sejumlah kendaraan militer berpartisipasi dalam parade peringatan 75 Tahun berdirinya Partai Rakyat Korea, yang digelar pada Sabtu, 10 Oktober 2020. (Foto: KCNA via Reuters)

Korea Utara tampaknya telah mengadakan parade militer pada Kamis (9/9) pagi, kata para pejabat Korea Selatan, meskipun tidak jelas senjata apa saja yang mungkin dipamerkan dalam acara tersebut.

Acara yang diduga merupakan parade tersebut berlangsung setelah tengah malam sebagai peringatan atas 73 tahun berdirinya negara itu, sebagaimana dilansir oleh kantor berita Korea Selatan Yonhap yang mengutip pernyataan para pejabat militer Korea Selatan.

Jika benar, parade militer Korea Utara tersebut merupakan parade yang ketiga dalam waktu sekitar satu tahun dan merupakan yang pertama sejak Joe Biden menjabat sebagai presiden Amerika Serikat.

Sebagian analis memandang langkah itu mungkin sebagai cara untuk menekan AS di tengah pembicaraan nuklir yang terhenti, meskipun acara itu kemungkinan kurang provokatif jika dibandingkan dengan uji coba senjata besar.

Korea Utara telah menolak berulang kali tawaran dari pemerintahan Biden untuk melanjutkan pembicaraan mengenai nuklir dan baru-baru ini mengancam akan terjadinya kembali ketegangan setelah Washington dan Seoul mengadakan latihan militer gabungan tahunan.

Tidak jelas apakah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri parade militer itu atau apakah pawai itu menampilkan senjata berat baru, karena acara tersebut belum dilaporkan oleh media pemerintah Korea Utara. [lt/rs]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG