Tautan-tautan Akses

Korea Utara Tolak Vaksin COVID


Orang-orang menerima vaksin Sinovac COVID-19 di pulau resor Thailand, Phuket. (Foto: Reuters)
Orang-orang menerima vaksin Sinovac COVID-19 di pulau resor Thailand, Phuket. (Foto: Reuters)

Salah satu badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNICEF, mengatakan Korea Utara telah meminta sekitar 3 juta dosis vaksin COVID-19 buatan China yang dialokasikan untuk negara itu dikirim ke negara-negara yang mengalami wabah parah.

“Kementerian Kesehatan Masyarakat Korea Utara meminta agar 2,97 juta dosis yang ditawarkan COVAX kepada negara itu bisa dialihkan ke negara-negara yang terimbas parah mengingat pasokan global vaksin COVID-19 yang terbatas dan lonjakan kasus yang berulang di beberapa negara,” kata juru bicara UNICEF dalam email kepada VOA, Selasa (1/9).

COVID-19 Vaccine Global Access (COVAX) adalah program distribusi vaksin internasional yang menarget negara-negara berpenghasilan rendah. UNICEF menerima dan mendistribusi vaksin untuk program tersebut.

Korea Utara belum melaporkan kasus COVID-19 sejak pandemi dimulai pada akhir Desember 2019. Dalam laporan terbarunya kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Korea Utara mengatakan telah melakukan tes COVID-19 pada 37.291 orang pada 19 Agustus. Hasilnya, semua negatif.

Meskipun ada skeptisisme yang luas atas angka itu, Korea Utara telah menerapkan langkah-langkah penanganan antivirus yang ketat seperti pembatasan perjalanan domestik dan penutupan perbatasan. [ka/ah]

XS
SM
MD
LG