Tautan-tautan Akses

Ketua FIFA akan Minta Pemungutan Suara untuk Turnamen Baru


(Dari kiri) Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, Presiden FIFA Gianni Infantino (tengah), dan Presiden Rusia Vladimir Putin berpose dalam acara penyerahan secara simbolis tuan rumah Piala Dunia 2022 kepada Qatar, di Kremlin, Moskow, 15 Juli 2018.

Presiden FIFA Gianni Infantino akan menggelar pemungutan suara untuk memuluskan rencana kontroversialnya membuat dua turnamen sepak bola internasional baru. Rencananya, pemungutan suara akan diadakan di dewan FIFA besok, Jumat (26/10), kata juru bicara badan sepak bola dunia itu kepada Reuters, Rabu (24/10).

Tapi rencana Infantino sudah mendapat tentangan. Forum Liga Dunia, yang mewakili 38 liga sepak bola profesional, minggu lalu meminta Infantino untuk tidak mengadakan pemungutan suara. Ditambah dengan tentangan dari dalam Eropa, pertemuan dewan FIFA pada Jumat di Kigali, Rwanda, tampaknya bisa memicu perpecahan besar.

Pada Mei lalu, Infantino mengungkapkan rencananya untuk membentuk Liga Nasional Global yang baru dan meningkatkan turnamen Klub Piala Dunia. Menurut Infantino, rencananya sudah didukung oleh kelompok investor ‘solid and serius’, yang bersedia menggelontorkan $25 miliar selama siklus 12 tahun yang dimulai pada 2021.

Liga Eropa, yang termasuk Liga Premier Inggris, Bundesliga, dan La Liga, dan badan sepakbola Eropa, UEFA, termasuk dalam beberapa organisasi yang menolak rencana Infantino pada tahap ini.

Usulan kompetisi baru dan strategi komersial termasuk dibahas dalam pertemuan nanti dan juru bicara FIFA mengatakan kepada Reuters bahwa akan ada pemungutan suara untuk usulan-usulan tersebut.

Salah satu topik pemungutan suara adalah rencana turnamen Global Nations League. Infantino membayangkan Global Nations League ini seperti Piala Dunia mini. Global Nations League akan menampilkan ‘Delapan Besar’ atau delapan tim internasional dalam setiap gelaran turnamen yang diadakan dua tahun sekali.

Terkait Global Nations League, juru bicara FIFA mengatakan, anggota dewan akan didorong untuk mendukung prinsip rencana itu dan dan mengizinkan FIFA untuk meneruskan proyek tersebut.

Sedangkan gambaran untuk Klub Piala Dunia, yang saat ini merupakan turnamen tahunan dengan menampilkan tujuh tim, masih belum jelas. Infantino pernah mengungkapkan rencana mengadakan Klub Piala Dunia setiap 4 tahun sekali yang menampilkan 24 klub. Tapi akan ada beberapa model turnamen yang akan disampaikan kepada dewan.

Surat World Leagues Forum atau Forum Liga Dunia (WLF), yang ditandatangani oleh kepala eksekutif Liga Premier Inggris Richard Scudamore, CEO Bundesliga Christian Seifert, dan Presiden Eksekutif Liga MX Mexico Enrique Bonilla, dan sudah dikonfirmasi oleh Reuters, mengatakan liga “dengan tegas menentang setiap keputusan pada tahap ini”

WLF, termasuk liga Afrika, Asia Selatan dan Amerika Utara serta liga sepak bola di Eropa.

Alberto Colombo, Wakil Sekretaris Jenderal dan juru bicara Liga Eropa, mengatakan bahwa mereka menentang baik proses maupun isi dari usulan infantino.

UEFA belum membuat pernyataan publik mengenai pertemuan Jumat mendatang, namun sebelumnya mereka telah jelas memperlihatkan tentangan terhadap rencana Infantino. [vp/ft]

XS
SM
MD
LG