Tautan-tautan Akses

Ketua DPR, Partai Republik Cuit Dukungan untuk Trump


Mantan Presiden Donald Trump di Bandara Regional Waco, di Waco, Texas, 25 Maret 2023. (Foto: AP)
Mantan Presiden Donald Trump di Bandara Regional Waco, di Waco, Texas, 25 Maret 2023. (Foto: AP)

Ketua DPR Amerika Kevin McCarthy dan tokoh-tokoh penting Partai Republik, Kamis (8/6), menulis di Twitter dan menyatakan dukungan bagi mantan presiden Donald Trump setelah dia didakwa atas kasus dokumen rahasia.

McCarthy mengatakan dakwaan itu adalah "hari yang kelam" bagi Amerika dan bahwa dia mendukung Trump.

Kandidat presiden dan Gubernur Florida Ron DeSantis mengecam "dijadikannya penegakan hukum federal sebagai senjata" dan menyebutnya sebagai "ancaman mematikan bagi masyarakat bebas."

Senator Ted Cruz, anggota DPR Marjorie Taylor Greene, dan kandidat dalam pemilihan pendahuluan presiden untuk Partai Republik 2024 juga mengkritik langkah tersebut.

Donald Trump didakwa dewan juri federal karena menyimpan dokumen rahasia pemerintah dan menghalangi proses hukum, menurut seorang pengacara mantan presiden tersebut dan sumber lain yang mengetahui masalah itu.

Kasus kriminal, yang diajukan Departemen Kehakiman, ini merupakan kasus hukum lain bagi Trump yang berusaha mendapatkan kembali kursi kepresidenan Amerika tahun depan. Dia sudah menghadapi kasus kriminal di New York yang akan diadili pada Maret.

Trump menulis di media sosial bahwa dia telah dipanggil untuk hadir di pengadilan federal di Miami pada Selasa. "SAYA ORANG YANG TIDAK BERSALAH!" tulisnya di platform Truth Social. [ka/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG