Tautan-tautan Akses

AS

Ketua DPR AS Janjikan Bantuan kepada Korban Badai Puerto Rico


Ketua DPR Amerika, Paul Ryan (foto: dok).

Ketua DPR Amerika, Paul Ryan mengatakan hari Senin (25/9), Kongres AS bertekad memberi bantuan untuk Puerto Rico, yang rusak parah oleh Badai Maria minggu lalu.

"Kisah-kisah dan foto-foto dari Puerto Rico sangat memilukan," kata Ryan dalam sebuah pernyataan.

"Kongres bekerja sama dengan pemerintah untuk memastikan bantuan yang diperlukan sampai ke wilayah AS itu. Warga negara kami di Puerto Rico tetap kami doakan dan kami memastikan mereka akan mendapat apa yang mereka butuhkan," tambah pernyataan tersebut.

Puerto Rico tetap tanpa listrik, kecuali yang punya generator, dan layanan telepon yang tidak menentu, selagi para pejabat berjuang untuk menyediakan makanan dan air bagi orang-orang yang terkena dampak badai terburuk yang mencapai pulau berpenduduk 3,4 juta itu dalam hampir satu abad.

Puluhan ribu orang diungsikan dari sebuah lembah di hilir bendungan, Sabtu di timur laut Puerto Rico, setelah didesak untuk mengungsi oleh Badan Cuaca Nasional. "Tinggal di situ atau akan tersapu bersih," kata petugas cuaca. Puerto Rico telah menghadapi masalah ekonomi sebelum serangan topan.

Selain Puerto Rico, badai Maria mengancam bagian lain kepulauan Karibia. Dua puluh tujuh orang dilaporkan tewas di Dominika, yang berpenduduk sekitar 71.000 orang. Tiga kematian dilaporkan terjadi di Haiti, dua di Guadeloupe milik Perancis dan satu di Republik Dominika. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG