Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintahan Obama, Trump Siap Bertikai Soal Obamacare


Gedung DPR Amerika Serikat, Capitol Hill, Washington DC (Foto: dok).

Presiden AS Barack Obama akan berkunjung ke Capitol Hill, Rabu (4/1), dalam usaha menggalang dukungan para legislator Demokrat untuk melindungi UU layanan kesehatan yang disebut Obamacare.

Wakil Presiden terpilih Mike Pence juga akan berada di sana, untuk berbicara dengan para legislator Republik mengenai agenda mereka, termasuk membatalkan Obamacare.

Pertemuan yang bertentangan ini mempertegas salah satu pertikaian besar yang akan datang segera setelah terjadi transisi Gedung Putih dari Obama ke presiden terpilih Donald Trump.

Layanan asuransi kesehatan terjangkau Obamacare pada situs HealthCare.gov (Foto: ilustrasi)
Layanan asuransi kesehatan terjangkau Obamacare pada situs HealthCare.gov (Foto: ilustrasi)

Obamacare atau UU yang disebut Layanan Kesehatan Terjangkau, berhasil disetujui Kongres pada tahun 2010 ketika Demokrat mengontrol DPR dan Senat, serta Obama duduk sebagai presiden. Pada tanggal 20 Januari, konsentrasi kekuatan bergeser ke Partai Republik.

Trump menyebut Obamacare program buruk yang menelan biaya terlalu besar. Namun sementara ia belum menjabarkan rencana spesifik untuk menggantikan program itu, ia secara jelas menyatakan akan membatalkan program itu.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan kepada wartawan, Selasa (3/1), Obama akan berdiskusi dengan para legislator Demokrat mengenai bagaimana cara mengonter Partai Republik dalam usaha mereka membatalkan Obamacare. (ab/uh)

XS
SM
MD
LG