Tautan-tautan Akses

Rumah sakit yang sedang merawat pembangkang China, Liu Xiaobo yang menderita kanker hati stadium lanjut mengatakan, peraih Nobel Perdamaian itu kini mengalami gangguan pernafasan.

The First Hospital of China Medical University, yang terletak di Shenyang, memposkan sebuah pernyataan di situsnya, Rabu (12/7), keluarga Liu menolak dokter melakukan trakeotomi, atau pemasangan pipa di saluran pernafasannya untuk membantunya bernafas.

Rumah sakit itu sebelumnya pada hari yang sama mengumumkan, pembangkang berusia 61 tahun itu menderita kegagalan fungsi organ. Pernyataan tersebut juga mengungkapkan, penggumpalan darah terjadi di beberapa bagian tubuhnya.

Liu diberi pembebasan bersyarat karena alasan medis sejak Mei lalu setelah ia didiagnosa menderita kanker. Beijing mengabaikan seruan Amerika Serikat, Jerman dan sejumlah kelompok HAM untuk mengizinkan Liu dan istrinya berpergian ke luar negeri untuk mengusahakan pengobatan. China beralasan Liu terlalu sakit untuk melakukan perjalanan dan ia mendapat pengobatan terbaik di China.

Dua dokter dari Amerika Serikat dan Jerman mengunjungi Liu akhir pekan lalu di rumah sakit Shenyang, dan menyatakan ia cukup sehat untuk melakukan perjalanan. Namun, sebuah video mengenai kunjungan mereka yang dirilis sebelumnya pekan ini menunjukkan, kedua dokter itu memuji para sejawatnya dari China dalam mengobati Liu. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG