Tautan-tautan Akses

Dua Orang Dokter Barat Kunjungi Pemenang Nobel China yang Sakit


Liu Xiaobo saat diwawancarai di rumah kediamannya di Beijing, China, 6 Jan 2008. (Foto: dok).

Dua orang dokter dari negara-negara Barat mengunjungi pemenang hadiah Nobel Perdamaian yang sakit Liu Xiaobo di sebuah rumah sakit China hari Sabtu dan menyetujui pengobatan yang ia terima, menurut rumah sakit tersebut.

Liu yang berusia 61 tahun dijatuhi hukuman 11 tahun penjara tahun 2009 atas pejuangannyayang lama tanpa kekerasan untuk hak azasi manusia di China sebelum dipindahkan ke sebuah rumah sakit di kota Shenyang, China timur-laut, untuk pengobatan kanker liver yang terminal.

Number One Teaching Hospital Universitas Ilmu Kedokteran mengatakan mereka mengundang para dokter dari barat itu, seorang dari Amerika Serikat dan seorang lagi dari Jerman untuk membatu pengobatan Liu.

Rumah sakit itu menyebut nama dokter dari Barat tersebut Joseph Herman dari M.D. Anderson Cancer Center di Amerika Serikat dan Markus Buchler dari Universitas Heidelberg, Jerman.

Setelah meninjau kembali sejarah medis Liu dan laporan pengobatannya, kedua dokter tersebut, dengan disertai para pakar China yang mengobati Liu, membicarakan keadaannya dengan dia dan para anggota keluarga, kata rumah sakit.

“Pakar dari Amerika dan Jerman itu menyetujui sepenuhnya pengobatan tersebut yang dilakukan oleh para pakar nasional China dan apa yang mereka telah lakukan,” kata rumah sakit dalam pernyataan.

Liu dipenjarakan setelah dinyatakan bersalah “menghasut subversi kekuasaan negara” setelah ia membantu menulis petisi yang dinamakan Piagam 08 yang menyerukan reformasi demokratis di China .

Ia dilepas dari penjara untuk berobat di rumah sakit tadi bulan Juni lalu. [gp]

XS
SM
MD
LG