Tautan-tautan Akses

Kereta Super Cepat Keluar Jalur di Perancis, 21 Cidera


Petugas pemadam kebakaran di dekat kereta TGV berkecepatan tinggi yang keluar jalur di Ingenheim, dekat Strasbourg, Perancis timur, Kamis, 5 Maret 2020.

Salah satu kereta berkecepatan tinggi Perancis keluar dari jalurnya, Kamis pagi (5/3) menciderai masinis dan 20 penumpang lainnya.

Masinis kereta itu berhasil mengoperasikan rem darurat untuk menghentikan laju kereta. Namun, ia mengalami cedera berat karena aksinya.

Insiden ini merupakan yang pertama melibatkan kereta komersial TGV (Train a Grande Vitesse) dengan penumpang di dalamnya.

Kereta yang mengalami peristiwa naas itu mengangkut 300 penumpang, dan sedang dalam perjalanan dari Colmar, Perancis Timur ke ibu kota, Paris, dengan kecepatan 270 km per jam, saat keluar dari jalurnya.

Sebuah kecelakaan fatal pernah dialami kereta uji TGV di jalur yang sama pada 2015. Pada saat itu, karena sedang uji coba, kereta TGV itu hanya berisikan para pegawai perusahaan kereta. Satu orang tewas dan 42 lainnya cedera dalam insiden itu.

Penyelidikan sedang dilangsungkan untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan. Ada dugaan insiden ini disebabkan oleh tanah longsor yang menimbun sebagian rel kereta cepat tersebut.

TGV sudah beroperasi di Perancis sejak 1981. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG