Tautan-tautan Akses

Kerangka T-Rex Terutuh di Dunia akan Dilelang


Kerangka T-Rex saat dipamerkan di Stanley Field Hall di Field Museum di Chicago, sebagai ilustrasi. (Foto: VOA/Kane Farabaugh)

Black Hills Institute di South Dakota, AS, akan melelang kerangka Tyrannosaurus rex (T-Rex) terutuh di dunia dengan berat mencapai 7 ton pada 6 Oktober. Kerangka tersebut diharapkan dapat meraup dana sebesar $ 8 juta (Rp 118,7 miliar).

Kantor berita Associated Press melaporkan, Kamis (17/9), T-Rex yang dijuluki dengan nama ’Stan’ itu memiliki mata sebesar bola basket, dan memiliki bekas luka dari pertempuran prasejarah yang sengit.

Saat ini kerangka tersebut sedang dipamerkan di rumah lelang Christie's.

“Panjangnya 37 kaki dan salah satu mesin pembunuh terkejam yang pernah menjelajahi bumi,” kata James Hyslop, Kepala Departemen Sains dan Sejarah Christie’s.

Sekitar 67 juta tahun setelah 'Stan' melakukan semua penjelajahan dan pembunuhan itu, kerangkanya ditemukan pada tahun 1987 oleh ahli paleontologi Stan Sacrison.

Fosil tersebut dikenal karena membentuk salah satu kerangka dinosaurus paling utuh yang pernah ditemukan. Para peneliti juga heran bagaimana tengkorak itu memiliki luka tusuk yang besar, berspekulasi bahwa itu adalah hasil dari peperangan. [ah]

XS
SM
MD
LG