Tautan-tautan Akses

AS

Kepala NATO: Serangan di Gedung Kongres AS Mengejutkan dan Tak Bisa Diterima


Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berbicara di Brussels, Belgia Kamis (14/1).

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg Kamis (14/1) menyebut serangan pekan lalu di Gedung Kongres AS oleh para pendukung Presiden AS Donald Trump “mengejutkan” dan tidak dapat diterima, dan dia mengatakan mereka yang bertanggung jawab harus dimintai pertanggungjawaban.

Komentar Stoltenberg itu merupakan reaksi publik pertamanya sejak para pendukung Trump menyerbu gedung Capitol pada 6 Januari, berusaha menghentikan Kongres AS untuk secara resmi mengesahkan pemilihan presiden. Stoltenberg berkomentar lewat akun Twitter pribadinya ketika terjadi serangan itu dan menyerukan agar pemilihan umum yang demokratis dihormati.

Dalam jumpa pers di Brussel, setelah ditanya tentang reaksinya terhadap insiden tersebut, kepala NATO itu menyebutnya sebagai serangan mematikan di “jantung lembaga demokrasi Amerika Serikat.” Dia menyebutnya “benar-benar tidak dapat diterima” dan mengatakan penting bahwa mereka yang bertanggung jawab membayar konsekuensi atas tindakan mereka.

Dia mengatakan,”Demokrasi harus selalu menang atas kekerasan, dan saya yakin bahwa lembaga demokrasi Amerika Serikat akan berhasil menangani tantangan ini.” [lt/ka]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG