Tautan-tautan Akses

AS

Sedikitnya 10 Ribu Anggota Garda Nasional akan Ditempatkan di Washington DC


Tentara Garda Nasional menjaga keamanan di sekitar Gedung DPR AS, Capitol Hill di Washington, DC, 8 Januari 2021. (Foto: Brendan Smialowski / AFP)

Pelantikan presiden terpilih Amerika Joe Biden akan tampak berbeda daripada pelantikan presiden-presiden sebelumnya akibat kerusuhan minggu lalu, dengan keamanan yang sangat ketat di kawasan sekitar ibu kota.

Setidaknya 10.000 anggota Garda Nasional dari beberapa negara bagian akan ditempatkan pada hari Sabtu (16/1). Beberapa hal akan tampak jelas: petugas berseragam, pos-pos pemeriksaan, detektor logam dan pagar. Sebagian lainnya tidak akan terlihat.

Rekaman yang dirilis oleh Departemen Pertahanan AS memperlihatkan anggota pasukan Garda Nasional tiba di Washington D.C. dari Maryland, negara bagian yang berbatasan dengan ibu kota.

Pelantikan akan dilaksanakan di tempat yang sama di gedung Capitol di mana massa pendukung Trump yang menggunakan kekerasan menyerbu minggu lalu.

Namun, selain dari unjuk rasa yang mengakibatkan penyerbuan gedung Capitol yang ikonik, pelantikan itu ditetapkan sebagai sebuah “peristiwa keamanan khusus nasional”, yang membuka jalan untuk komunikasi, pendanaan dan persiapan di antara berbagai badan keamanan di Washington seperti Kepolisian Capitol, Pentagon, Departemen Keamanan Dalam Negeri AS dan Kepolisian Washington D.C. [lj/uh]

XS
SM
MD
LG