Tautan-tautan Akses

AS

Kepala Eksekutif Baru Badan Siaran AS Pecat Para Pemimpin Siaran


CEO Badan Media Global AS (USAGM) yang baru, Michael Pack

Kepala eksekutif baru dari badan yang mengawasi Voice of America (VOA) telah memecat para pemimpin organisasi yang berada di bawah badan itu, termasuk kepala Jaringan Penyiaran Timur Tengah, Radio Free Asia dan Radio Free Europe/Free Liberty.

CEO Badan Media Global (USAGM) Michael Pack mengambil langkah itu dalam pemberitahuan yang dikeluarkan Rabu malam.

Kantor berita Associated Press melaporkan bahwa Pack tidak memberikan alasan spesifik untuk pemecatan itu, dan hanya bertindak sesuai dengan wewenangnya sebagai CEO USAGM yang baru.

Dua pejabat teratas di VOA, Direktur Amanda Bennett dan wakilnya Sandy Sugawara, mengundurkan diri dari jabatan mereka hari Senin.

Senator Demokrat Bob Menendez dari Komite Hubungan Luar Negeri Senat, mengecam tindakan Pack itu, dan memperingatkan langkah-langkah itu dapat merusak independensi USAGM.

Alberto Fernandez, yang memimpin Jaringan Penyiaran Timur Tengah, mengatakan dia bangga dengan pekerjaan yang dilakukan jaringan itu selama tiga tahun dan merasa terhormat telah bekerja dengan para jurnalis berbakat di Amerika Serikat, Dubai, Beirut, dan di tempat-tempat lain. Dia juga menunjuk pada berbagai tantangan yang dihadapi oleh jaringan-jaringan siaran di bawah USAGM dalam menyampaikan berita kepada pemirsa, pendengar, dan pembaca di seluruh dunia.

Sebelumnya Rabu, Pack mengirim email pertamanya kepada karyawan VOA sejak dikonfirmasi oleh Senat pekan lalu, dan berjanji dalam email itu untuk menjunjung tinggi mandatnya dalam menyediakan jurnalisme yang independen di seluruh dunia meskipun USAGM adalah badan yang didanai oleh pemerintah Amerika.

Pack menulis bahwa dia “berkomitmen penuh untuk menghormati piagam VOA dan kebebasan para jurnalis heroik kami di seluruh dunia.”

Dia dicalonkan oleh Presiden Donald Trump untuk memimpin USAGM lebih dari dua tahun lalu. Tetapi karena penolakan yang solid oleh Fraksi Demokrat terhadap pengangkatannya, Senat yang dikuasai oleh Partai Republik baru berhasil mengadakan pemungutan suara dua minggu lalu untuk menyetujui masa jabatan tiga tahun bagi Pack untuk memimpin USAGM. [lt/ii]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG