Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Setujui Calon Trump untuk Badan Pemberitaan Federal


Michael Pack.

Senat Amerika, Kamis (4/6), menyetujui calon yang diajukan Presiden Donald Trump untuk menjadi pimpinan Badan Media Global Amerika (U.S. Agency for Global Media /USAGM), badan federal yang mengawasi Voice of America dan entitas penyiaran internasional lainnya.

Dalam pemungutan suara 53 banding 38, Senat yang dikuasai fraksi Republik menyetujui pembuat film dokumenter konservatif Michael Pack memimpin USAGM untuk masa jabatan tiga tahun. Nominasi Pack telah dipertimbangkan selama dua tahun, tertunda karena keprihatinan fraksi Demokrat atas dugaan keuangan dalam bisnisnya.

Melalui perusahaannya Manifold Productions, Inc, Pack menulis, menyutradarai, dan memproduksi banyak film dokumenter, yang sudah banyak ditayangkan di PBS. Ia pernah menjabat CEO Claremont Institute yang konservatif dan memegang berbagai jabatan di National Endowment for the Humanities dan Corporation for Public Broadcasting. Ia juga pernah mengerjakan proyek film dengan mantan kepala strategi Trump dan salah satu pendiri Breitbart News, Stephen Bannon.

Pack berpengalaman dalam penyiaran Amerika karena pernah menjabat direktur WORLDNET, jaringan satelit global Badan Informasi Amerika yang menjadi unit TV Voice of America.

Dalam sidang pengukuhan September lalu, Pack menyampaikan kekhawatiran ia akan berusaha memaksakan bias politik pada badan-badan USAGM, termasuk VOA, yang diamanatkan undang-undang Amerika untuk objektif dan seimbang dalam pelaporannya. [ka/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG