Tautan-tautan Akses

Kennedy Center Honors Dianugerahkan pada Sejumlah Ikon AS


Penerima "Kennedy Center Honors" di Kantor Deplu AS, 7 Desember 2019. Dari kiri: Susan Pompeo, Michael T.Thomas, Linda Ronstadt, Sally Field, Joan G.Cooney, Lloyd Morrisett, Deborah F.Rutter, (belakang) Mike Pompeo, Philip Bailey, Verdine White, Ralph Johnson,David M. Rubenstein.

Kennedy Center Honors pekan lalu kembali merayakan kehadiran sejumlah ikon lewat karya seni mereka. Earth, Wind & Fire, Sally Field dan Linda Ronstadt adalah sebagian penerima anugerah bergengsi ini.

Berbeda dengan anugerah yang diberikan pada tahun-tahun sebelumnya, penerima “Kennedy Center Honors” tahun ini sangat beragam. Ada bintang terkenal Sally Field, yang selama lima puluh tahun menghadirkan karakter tak terlupakan, lewat peran antagonis dan protagonisnya. Ada konduktor Michael Tilson, yang tidak saja piawai merangkai nota lagu yang indah, tetapi sekaligus mengubah ulang musik dan institusi musik Amerika.

Earth, Wind & Fire.
Earth, Wind & Fire.

Ada kelompok musik Earth, Wind & Fire, yang aliran groove-nya terus mengilhami musisi-musisi muda saat ini. Atau Linda Ronstadt yang suara khasnya membentang jauh antar generasi, bahasa dan benua.

Juga yang mencuri perhatian banyak kalangan adalah anugerah bagi program televisi terkenal “Sesame Street” yang membuat terobosan besar tentang bagaimana anak-anak dan orang dewasa belajar tentang dunia. “Kennedy Center Honors” diberikan kepada penggagas “Sesame Street” – Joan Ganz dan Dr. Llyod Morrisett – bersama pencipta boneka, seniman dan ribuan pekerja kreatif di balik layar yang sudah bekerja keras selama lebih dari 50 tahun ini.

“Lewat kiprah para penerima anugerah tahun ini, kita menyaksikan kisah Amerika yang unik, yang mewakili begitu banyak sentuhan budaya dan momentum musik yang membuat Amerika hebat,” ujar Presiden Kennedy Center Deborah F. Rutter. “Ketika saya melihat para penerima anugerah tahun ini, saya melihat harapan, aspirasi, dan prestasi; tidak saja dari para penerima anugerah, tetapi juga banyak generasi yang telah ikut mereka pengaruhi dan terus pengaruhi. Kami tidak hanya melihat ke belakang, tetapi juga ke depan,” tambahnya.

Carrie Underwood.
Carrie Underwood.

Medali penghargaan diberikan dalam sebuah acara makan malam di Departemen Luar Negeri Amerika pada hari Sabtu (7/12), sementara pertunjukkan gala untuk menghormati para penerima anugerah itu dilangsungkan hari Minggu (8/12). Namun keseluruhan acara pertunjukkan, yang diramaikan dengan penampilan Carrie Underwood, John Legend, NeYo, Trisha Yearwood, Jonas Brothers dan lainnya itu, baru disiarkan secara resmi pada hari Senin lalu (15/12). [em]

Sumber: kennedy center, rollingstone, cbs

XS
SM
MD
LG