Tautan-tautan Akses

Kemenangan Uhuru Kenyatta Disambut Perayaan dan Demonstrasi


Uhuru Kenyatta berbicara kepada pendukungnya setelah pengumuman hasil pemilihan presiden di Nairobi, Kenya, 11 Agustus 2017.
Uhuru Kenyatta berbicara kepada pendukungnya setelah pengumuman hasil pemilihan presiden di Nairobi, Kenya, 11 Agustus 2017.

Perayaan besar-besaran dan demonstrasi terjadi pada waktu hampir bersamaan di Kenya setelah presiden petahana Uhuru Kenyatta dinyatakan sebagai pemenang pemilu.

Dalam pidato kemenangannya, Kenyatta berjanji akan mempersatukan Kenya dan memulai proyek-proyek pembangunan yang akan memulihkan standar kehidupan warga.

Kenyatta mengatakan ingin mengajak pesaing utamanya, Raila Odinga yang berasal dari National Super Alliance, untuk bersama-sama membangun Kenya. Namun demikian Odinga menolak hasil pemilu yang dinilai penuh kecurangan.

Kerusuhan pecah Jumat malam (11/8) di kubu Odinga. Sejumlah tembakan senjata api terdengar di Kibera, daerah kumuh terbesar di Nairobi, dan juga di daerah-daerah miskin lain di ibukota dan bagian barat kota Kisumu.

Sebaliknya di kubu Presiden Kenyatta, para pendukungnya turun ke jalan-jalan dengan vuzuzelas dan bendera, merayakan hasil pemilu itu.

Hasil yang diumumkan komisi pemilu menunjukkan bahwa jumlah pemilih yang memberikan suara mencapai 79%; dimana dari 19,6 juta pemilih terdaftar, ada lebih dari 15 juta pemilih yang memberikan suara. (em)

XS
SM
MD
LG