Tautan-tautan Akses

Kematian Siswa Sekolah Menengah Taifu, Picu Protes Besar di China


Warga Taifu County di Lu Xian, provinsi Sichuan, berkumpul di luar Sekolah Menengah Taifu, 6 April 2017, sebagai aksi protes menyusul tewasnya seorang pelajar di sekolah tersebut.

Situasi misterius yang menyelubungi kematian seorang pelajar di propinsi Sichuan, China barat daya, telah memicu protes besar dan kemarahan publik di berbagai situs jejaring sosial. Banyak pihak mempertanyakan penyebab kematian pelajar itu dan bagaimana polisi menangani kasus tersebut.

Sabtu lalu, jasad pelajar berusia 14 tahun itu, dengan nama keluarga Zhao, ditemukan di luar asrama Sekolah Menengah Taifu di Luzhou. Pelajar itu didapati mengalami patah tulang di tangan dan kakinya, dan sejumlah luka memar ditemukan di tubuhnya. Keluarga Zha menduga ia dipukuli hingga tewas, namun pihak berwenang menghapus kemungkinan terjadinya pembunuhan.

You Xiaohong, ibu pelajar yang tewas, dilaporkan berusaha mencari bantuan pakar forensik independen untuk memastikan penyebab kematian putranya. VOA tidak berhasil menghubungi You untuk dimintai keterangan, sementara laporan-laporan menyebutkan, You dan sejumlah kenalannya kini dalam pengawasan.

Pihak Kepolisian Luzhou mengumumkan, Rabu malam (5/4), otopsi akan dilakukan segera, namun tidak mengatakan apakah pakar forensik independen akan diperkenankan untuk terlibat.

Akhir pekan lalu, pihak berwenang setempat segera menghapus kemungkinan terjadinya pembunuhan, dan menyatakan bahwa Zhao tewas akibat jatuh di gedung sekolah. Kesimpulannya itu didukung pengawas asrama dan salah seseorang teman sekamar Zhao, yang mengatakan kepada media setempat, tidak ada tanda-tanda pembobolan asrama atau keributan yang mengganggu tidur mereka malam itu.

Pihak berwenang awalnya tidak mengizinkan keluarga mengecek jasad korban, tindakan yang memicu kemarahan keluarga dan ribuan warga setempat. Berbagai protes segera digelar di luar sekolah itu dan rumah mayat di mana jenazah Zhao ditempatkan. Para pemrotes menuntut akses dan keamanan anak-anak mereka. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG