Tautan-tautan Akses

Kematian Atlet Muay Thai Anak Picu Kemarahan di Thailand


Methas Charojam (tengah), seorang petinju anak berusia 7 tahun, bersiap berlaga di Provinsi Buriram, Thailand, 2 Februari 2018.

Warga Thailand terkejut dan marah setelah atlet Muay Thai berusia 13 tahun tewas dalam sebuah pertarungan amal. Insiden menghidupkan kembali seruan untuk melarang pertarungan antara atlet anak dalam seni bela diri Muay Thai yang brutal, kantor berita AFP melaporkan, Rabu (14/11).

Anucha Tasako, pingsan setelah lawannya meluncurkan beberapa pukulannya ke kepala pada pertarungan di Provinsi Samut Prakan, dekat Bangkok pada 10 November.

Rekaman video ponsel yang diperlihatkan oleh media setempat menangkap momen suram saat Anucha terhempas di lantai ring dan para asisten bergegas masuk ke ring untuk membantu Anucha yang tidak bergerak. Anucha bertanding dengan nama samaran Phetmongkol Sor Wilaithong.

Media setempat melaporkan dia telah bertarung sejak usia 8 tahun dan telah berkompetisi dalam lebih dari 150 pertandingan.

Muay Thai, tinju khas Thailand, sangat populer. Banyak atlet yang masuk ke dunia olahraga pada usia muda, berharap mendapat ketenaran dan kekayaan.

Namun keterlibatan anak-anak, yang terkadang mulai di bawah usia 10 tahun dalam pertarungan yang banyak menggunakan tendangan dan siku ke kepala dan jarang menggunakan pelindung kepala, telah memicu kritikan.

Lebih lagi para petarung muda sering menjadi pencari nafkah utama bagi keluarganya yang kurang mampu. Pertarungan Muay Thai juga sering kali menjadi ajang perjudian di luar ring tinju.

Lawan Anucha adalah Nitikron Sonde, yang usianya hampir sama, kata polisi. Baik Anucha maupun Nitikron tidak menggunakan pelindung kepala.

“Saya menyesali ini,” kata Nitikron melalui postingan di akun Facebooknya, Selasa (13/11), “Namun saya harus menjalankan kewajiban saya untuk menang jadi saya dapat mendapatkan cukup uang untuk menunjang pendidikan saya.”

Wutthichai Inthawimon, 9 tahun, bersiap untuk berlaga tinju Thailand di sebuah kuil di Provinsi Buriram, Thailan, 2 Februari 2018.
Wutthichai Inthawimon, 9 tahun, bersiap untuk berlaga tinju Thailand di sebuah kuil di Provinsi Buriram, Thailan, 2 Februari 2018.

Rancangan undang-undang untuk mencegah anak di bawah usia 12 tahun bertanding Muay Thai sedang dipertimbangkan. RUU tersebut kemungkinan mendapatkan dukungan setelah kematian Anucha.

Kemarahan mengalir seiring berita kematiannya menyebar, dengan beberapa warga menyalahkan wasit karena tidak bertindak cepat untuk mengakhiri pertarungan.

“Dia sudah hampir tidak bisa berdiri. Mengapa wasit tidak menghentikan pertarungan namun tetap membiarkan dia terus dipukul sampai pingsan,” kata salah satu pengguna Facebook Thailand seperti yang dilaporkan kantor berita AFP.

Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand dikutip media setempat mengatakan dia akan menyerahkan rancangan RUU “secepat mungkin”. [vp/ft]

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG