Tautan-tautan Akses

Kematian akibat Virus Corona di Australia Melonjak Jadi 189


Seorang pekerja medis memasuki fasilitas perawatan lansia Epping Gardens di pinggiran kota Melbourne Epping, 30 Juli 2020, di tengah pandemi Covid-19.

Negara bagian Victoria, Australia, Rabu (29/7) membukukan 723 kasus baru dan 13 kematian akibat Covid-19. Ini merupakan rekor tertinggi dalam satu hari bagi negara bagian yang paling terpukul oleh lonjakan mendadak penderita penyakit itu.

Angka baru tersebut melampaui catatan sehari sebelumnya, 532 kasus, di negara bagian berpenduduk terpadat kedua di Australia itu. Victoria, yang kini mencatat lebih dari 9.900 kasus dan 105 kematian akibat Covid-19, menjadi kontributor terbesar dari total 16.298 kasus terkukuhkan dan 189 kematian di Australia.

Melbourne, ibu kota Victoria, menjadi episentrum melonjaknya perebakan Covid-19 sekarang ini. Gubernur Victoria David Andrews mengatakan kenaikan itu disebabkan oleh warga yang terus pergi bekerja atau berada di tempat umum meskipun memiliki gejala terjangkit virus corona, selain merebaknya wabah di panti-panti jompo. Andrews telah memerintahkan semua warga Victoria untuk mengenakan masker di luar rumah mulai hari Minggu, meluaskan mandat yang telah diberlakukan untuk Melbourne dan kawasan pedesaan Mitchell Shire.

Andrews juga mengeluarkan perintah yang melarang warga di komunitas di luar Melbourne untuk membawa tamu ke rumah mereka mulai Kamis.

Melbourne telah menjalani separuh dari PSBB enam pekan, yang membatasi warga untuk meninggalkan rumah kecuali untuk pergi bekerja, sekolah, ke dokter atau berbelanja makanan. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG