Tautan-tautan Akses

Restriksi Ketat Terkait Covid Kembali Diberlakukan di Berbagai Negara


Petugas medis memindahkan pasien dari fasilitas lansia "Epping Garden" di Epping, Melbourne, ke rumah sakit di tengah pandemi Covid-19, 29 Juli 2020.

Pihak berwenang di negara bagian Queensland, Australia, telah mengumumkan akan melarang masuk warga dari kawasan Greater Sydney mulai hari Sabtu (1/8) untuk membendung penyebaran virus corona. Larangan itu diberlakukan setelah dua perempuan dites positif terjangkit Covid-19 setelah kembali dari ibu kota negara bagian itu, Brisbane, dari perjalanan ke Melbourne melalui Sydney dengan tidak melakukan isolasi mandiri.

Melbourne, ibu kota negara bagian Victoria, kini sudah menjalani separuh dari lockdown selama enam pekan karena lonjakan dramatis kasus baru Covid-19, termasuk 295 kasus baru yang dilaporkan hari Rabu. Victoria juga telah melaporkan 804 kasus virus corona yang terkait dengan panti-panti jompo. Sydney, ibu kota negara bagian tetangganya, New South Wales, membukukan 19 kasus baru Covid-19 hari Rabu, sebagian besar dari mereka terkait dengan beberapa klaster yang muncul di restoran, rumah-rumah duka dan taman-taman.

Di Vietnam, para pejabat bergegas mengendalikan perebakan Covid-19 yang mendadak muncul setelah melapor sebagai salah satu negara dengan upaya pengendalian paling berhasil awal tahun ini.

Pihak berwenang di negara itu menutup kota wisata Danang di bagian tengah Vietnam pada hari Minggu, setelah dua orang dites positif mengidap pneumonia atipikal mematikan, sebut berbagai media dalam negeri. Lonjakan baru di Danang dan sekitarnya telah berkembang menjadi 30 kasus hingga Rabu pagi.

Sementara banyak negara lainnya melaporkan pertambahan ratusan kasus setiap hari, Vietnam , dengan angka-angka terbaru itu, membanggakan diri atas upaya penanggulangan Covid-19 pada awal tahun ini yang tidak mencatat satupun kematian akibat virus itu. Vietnam telah mencatat 99 hari tanpa satu orang pun terjangkit hingga Sabtu lalu dan ekonomi dalam negerinya hidup kembali sejak Mei. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG