Tautan-tautan Akses

Kelompok Bisnis Kanada-AS-Meksiko Optimis Terobosan NAFTA


Bendera Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat di Mexico City, Meksiko, 19 November 2017 (Foto: dok).

Para pemimpin bisnis, Jumat (27/1) mengungkapkan optimisme mereka meskipun secara hati-hati, untuk sebuah terobosan dalam perundingan Perdagangan Bebas Amerika Utara.

Perunding Kanada, AS dan Meksiko berkumpul di Montreal untuk perundingan putaran keenam yang penting, guna merombak pakta NAFTA 1994, yang terancam penghapusan oleh Presiden AS Donald Trump .

"Saya optimis," kata Perrin Beatty, presiden Kamar Dagang Kanada. "Jika kita bandingkan posisi kita sekarang dengan beberapa minggu lalu, tampaknya ada beberapa langkah maju inkremental. Itu positif," katanya, sambil mencatat bahwa tidak ada proposal yang sejauh ini langsung "ditolak."

"Jika ada kemauan politik untuk mewujudkannya, itu sangat mungkin, bisa dilakukan," Beatty menyimpulkan.

Ketua Dewan Bisnis AS-Kanada, Maryscott Greenwood yang berkantor di Washington setuju dengan pandangan itu dan mengatakan: "Para pembuat kebijakan utama di Amerika sekarang sadar betapa pentingnya ini dan mereka memberi perhatian."

Dia mencatat, sebuah delegasi kongres AS untuk pertama kalinya berkunjung ke Montreal guna mengikuti perundingan NAFTA.

"Anggota-anggota kongres ini mulai menyadari bahwa ini tidak hanya penting bagi Kanada dan Meksiko, tetapi juga penting bagi distrik dan negara bagian mereka sendiri, dan ini adalah perkembangan yang sangat baik," katanya.

Putaran pembicaraan di Montreal ini akan berakhir Senin dengan mengadakan konferensi pers bersama oleh Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland, Menteri Ekonomi Meksiko, Ildefonso Guajardo dan Perwakilan Dagang AS, Robert Lighthizer. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG