Tautan-tautan Akses

Kegiatan Komunitas di Virginia Bantu Bank Makanan Lokal Bagikan Sumbangan


Warga AS yang terkena dampak pandemi Covid-19 antre untuk mendapatkan makanan dari Bank Makanan setempat (foto: dok).
Warga AS yang terkena dampak pandemi Covid-19 antre untuk mendapatkan makanan dari Bank Makanan setempat (foto: dok).

Dengan melonjaknya angka pengangguran terkait COVID-19 hingga jutaan di AS, jumlah warga yang tidak dapat membeli kebutuhan dasar sehari-hari juga meningkat. Di Fairfax County, wilayah setingkat kabupaten, di Virginia, suatu kegiatan amal selama dua hari mempersatukan para anggota masyarakat setempat untuk menyumbang makanan bagi fakir miskin dan mereka yang kelaparan di daerah tersebut.

Dua kali dalam setahun, Kabupaten Fairfax mengeluarkan seruan bagi donatur untuk memenuhi dapur-dapur umum di LSM-LSM setempat, sebagai bagian dari kegiatan pengumpulan bahan makanan ‘Stuff the Bus.’ Bus-bus diparkir di berbagai lokasi untuk mengumpulkan beragam jenis makanan yang disumbangkan.

Akibat pandemi corona yang berdampak pada ekonomi, warga AS antre untuk mendaftar tunjangan pengangguran di Frankfort, Kentucky (18/6) (foto: ilustrasi).
Akibat pandemi corona yang berdampak pada ekonomi, warga AS antre untuk mendaftar tunjangan pengangguran di Frankfort, Kentucky (18/6) (foto: ilustrasi).

Seorang donatur mengemukakan, "Menurut saya ini gagasan yang hebat. Sekarang bukan masa yang mudah dan kita perlu menolong satu sama lain."

Seorang lainnya menambahkan, "Luar biasa sekali menyaksikan semua bahan kebutuhan pokok ini disampaikan ke begitu banyak orang yang membutuhkan. Lihat terutama di sudut ini dan lihat begitu banyak orang yang telah menyumbang. Sungguh inspiratif dan mengagumkan."

Karena pandemi virus corona, permintaan akan makanan mencapai jumlah terbanyak selama ini dari orang-orang yang kehilangan pekerjaan dan kaum miskin. Para penerima bantuan sangat menghargai upaya-upaya ini.

Jane, salah seorang penerima bantuan bahan makanan itu menyatakan, "Mereka memberikan makanan kalengan, buah-buahan, sayuran, sereal, berkotak-kotak kue dan barang-barang lain seperti itu. Kita dapat datang seminggu sekali dan pada Sabtu terakhir setiap bulan mereka membagikan sayuran segar. Kita dapat memperoleh bahan makanan sesuai banyaknya jumlah anggota keluarga kita."

Selama sembilan tahun, gerakan "Stuff the Bus" telah menjadi kegiatan dua kali setahun untuk menggalang bahan makanan bagi LSM-LSM untuk didistribusikan. Tahun ini, sumbangan itu akan dibagikan kepada 10 LSM di Kabupaten Fairfax.

Karena pandemi, banyak orang kehilangan pekerjaan dan mereka perlu makan. Jadi bagi mereka yang tidak kehilangan pekerjaan, kegiatan amal ini tampaknya merupakan hal yang tepat dilakukan.

Fairfax adalah salah satu kabupaten terkaya di Amerika. Apa yang tampak dalam kegiatan amal ini merupakan bukti luasnya dampak virus corona sehingga pengangguran dan kekurangan makanan juga dirasakan di sana. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG