Tautan-tautan Akses

Kedua Korea Memulai Putaran Kedua Reuni Keluarga


Warga Korea Selatan, Cho Hye-do (86),kiri, berbincang dengan kakak perempuannya, Cho Sun Do (89), warga Korea Utara, dalam reuni keluarga yang terpisah perang di kawasan peristirahatan Diamond Mountain, Korea Utara, 22 Agustus 2018. (Foto: dok).

Sejumlah warga lanjut usia dari Korea Utara dan Korea Selatan menangis dan saling berpelukan, sementara putaran kedua reuni keluarga-keluarga yang terpisah puluhan tahun oleh Perang Korea dimulai.

Lebih dari 300 warga Korea Selatan Jumat melakukan perjalanan ke kawasan peristirahatan Gunung Kumgang di Korea Utara untuk mengikuti pertemuan tiga hari dengan kerabat yang telah lama tidak mereka jumpai. Sebelumnya pekan ini, sekitar 200 warga Korea Selatan lainnya ke kawasan peristirahatan berpemandangan indah itu untuk melakukan reuni serupa.

Dalam pertemuan hari Jumat, seorang perempuan Korea Utara yang berusia 85 tahun dan mengenakan busana tradisional hanbok tampak menangis terisak-isak sewaktu menyentuh wajah kakaknya yang berusia 100 tahun dari Korea Selatan.

Dua lelaki kakak beradik yang berusia 80-an juga menangis sambil dikelilingi kerabat lainnya.

Pertemuan keluarga pekan ini diselenggarakan sementara kedua Korea yang saling bersaingan itu mengambil berbagai langkah untuk meningkatkan hubungan. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG