Tautan-tautan Akses

Puluhan Warga Dua Korea Reuni Keluarga


Lee Soo-nam menunjukkan foto saudara laki-lakinya, Ri Jong Song di Korea Utara saat diwawancari di kediamannya di Seoul, 17 Agustus 2018. Lee adalah satu dari 200 warga Korsel dan anggota keluarga yang akan berangkat ke perbatasan Korea Utara untuk reuni dengan kerabat yang sudah puluhan tahun tidak bertemu.

Puluhan warga Korea lanjut usia, Minggu (19/8), berkumpul di perbatasan Korea Selatan dengan Korea Utara untuk dipertemukan dengan para anggota keluarga dari Utara sebagai bagian dari putaran pertama reuni dalam lebih dari tiga tahun.

Lebih dari 57 ribu warga Korsel telah mendaftarkan diri untuk mendapat kesempatan bertemu sanak saudara di Korut, tapi hanya 93 yang terpilih untuk pertemuan singkat putaran pertama, yang akan dimulai Senin (20/8) di resor pariwisata Gunung Kumgang di Korut. Hanya 88 warga Korut yang diizinkan berpartisipasi.

Dalam tiga hari, para peserta akan menjalani enam pertemuan tatap muka dengan keluarga Korut dibawah pengawasan agen-agen Korut.

Sejak 2000 hanya ada 20 reuni, yang terakhir terjadi Oktober 2015.

Jutaan keluarga Korea terpecah belah akibat Perang Korea yang berlangsung 1950-53. Setelah berpisah lebih dari 50 tahun, banyak dari mereka yang menunggu dipertemukan dengan keluarga telah meninggal dunia. Banyak dari mereka yang masih hidup kini berusia 80 tahun ke atas. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG