Tautan-tautan Akses

Kebakaran Maut di Tangerang Diyakini Disulut Percikan Api Peralatan Las


Petugas polisi dan regu penyelamat memeriksa lokasi ledakan di sebuah pabrik petasan di Tangerang, di pinggiran Jakarta, Indonesia, Kamis, 26 Oktober 2017.

Kepolisian mengatakan mereka yakin percikan api dari peralatan las menyebabkan kebakaran maut di sebuah pabrik petasan dekat Jakarta pekan ini yang menewaskan 48 orang.

“Keterangan para saksi dan pemeriksaan forensik mengungkapkan penyebab kebakaran itu adalah percikan api peralatan las yang menjalar ke bahan petasan,” kata juru bicara polda Jakarta, Argo Yuwono.

Pemilik pabrik itu dan pimpinan operasi perusahaan telah ditahan oleh kepolisian. Di mana keberadaan tukang las tersebut belum jelas.

Orang-orang itu dicurigai lalai.

Polisi mengatakan pemilik juga dicurigai mempekerjakan remaja di bawah umur di pabrik daerah perindustrian Tangerang itu, tidak jauh di luar Jakarta.

Para saksi mengatakan ledakan besar kedengaran di pabrik itu Kamis pagi, yang disusul dengan ledakan-ledakan kecil dan api besar menelan pabrik tersebut, yang menyebabkan atapnya rubuh.

Pemadam kebakaran menghabiskan waktu berjam-jam untuk menguasai api.

Standard keselamatan industri di Indonesia umumnya rendah dan peraturan tidak ditegakkan dengan baik. Pihak berwenang mengatakan pabrikitu telah beroperasi kira-kira dua bulan.

Para pejabat mengatakan jumlah korban jiwa kemungkinan akan meningkat sementara puluhan pekerja yang menderita luka-bakar parah telah dirawat di rumah sakit. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG