Tautan-tautan Akses

Kebakaran Landa Colorado, Sejumlah Rumah Diperkirakan Terbakar


Kebakaran lahan di Estate Park, kebakaran terbesar dalam sejarah negara bagian Colorado, Jumat, 16 Oktober 2020.
Kebakaran lahan di Estate Park, kebakaran terbesar dalam sejarah negara bagian Colorado, Jumat, 16 Oktober 2020.

Hampir 3.000 orang terpaksa mengungsi akibat kebakaran yang bergerak cepat di negara bagian Colorado, dan pihak berwenang meyakini sejumlah rumah terbakar.

Kebakaran yang dijuluki "CalWood Fire" dimulai sekitar Sabtu (17/10) siang dekat Pusat Pendidikan Cal-Wood, sekitar 27 kilometer dari pusat kota Boulder. Kebakaran diperparah oleh angin kencang. Laboratorium Mesa pada Pusat Riset Atmosfir Nasional mencatat hembusan angin mencapai 95 kilometer per jam pada Sabtu (17/10).

Para pejabat Boulder County mengatakan Lebih dari 1.600 orang dan hampir 3.000 orang diperintahkan untuk meninggalkan tempat, termasuk di kota kecil Jamestown.

Kepala divisi sheriff Boulder County, Mike Wagner, mengatakan kepada harian Daily Camera di Boulder, Sabtu (17/10), berdasarkan jalur api, pihak berwenang meyakini kemungkinan beberapa rumah terbakar.

Pada Minggu (18/10), Wagner mengatakan tim-tim pemantau kerusakan belum bisa memasuki wilayah itu untuk meninjau berapa banyak rumah yang terbakar.

Kebakaran itu telah membakar hampir 36 kilometer persegi hingga Minggu (18/10) pagi, tapi cuaca yang lebih lembab diperkirakan akan membantu para petugas pemdam kebakaran. [vm/ah]

XS
SM
MD
LG