Tautan-tautan Akses

Kebakaran Hutan Yunani Diduga Disengaja


Sebuah kerangka mobil yang terbakar terjebak di bawah pohon yang terbakar menyusul kebakaran lahar di Neos Voutzas, dekat Athena, Yunani, 26 Juli 2018.
Sebuah kerangka mobil yang terbakar terjebak di bawah pohon yang terbakar menyusul kebakaran lahar di Neos Voutzas, dekat Athena, Yunani, 26 Juli 2018.

Pihak berwenang Yunani menduga unsur kesengajaan mungkin menjadi penyebab kebakaran besar hutan di negara itu pekan ini, yang menewaskan sedikitnya 82 orang dan sejumlah orang masih dinyatakan hilang.

"Kami mendapati indikasi serius dan signifikan adanya tindak kriminal," ujar Menteri Ketertiban Umum Nikos Toskas, Kamis (26/7). Ia tidak merinci lebih lanjut.

Kebakaran terjadi Senin (23/7) lalu dan melanda kawasan pesisir timur laut Athena yang banyak didatangi turis dan orang yang hendak bersantai di pantai. Tim penyelamat dan relawan yang memeriksa rumah-rumah dan kota kecil yang habis terbakar, melaporkan pemandangan mengerikan, tubuh-tubuh yang hangus, termasuk kelompok 26 orang yang berkumpul, sebagian saling memeluk.

Kerabat memadati kamar mayat mencari anggota keluarga. Pakar forensik mengatakan banyak dari korban tidak bisa dikenali tanpa rekam medis gigi atau sampel DNA.

Banyak orang marah atas apa yang mereka nilai respon lamban pemerintah terhadap bencana itu dan tidak adanya peringatan. Mereka juga mengatakan pihak berwenang tidak memiliki rencana evakuasi.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan mereka berusaha keras memadamkan api dari beberapa sisi, tetapi angin kencang membantu menyebarkan api. [ka]

XS
SM
MD
LG