Tautan-tautan Akses

Kebakaran Baru Muncul di Los Angeles, dekat Getty Museum


Sebuah helikopter menyiramkan air untuk memadamkan api kebakaran yang dijuluki "Getty Fire" yang menghanguskan kawasan Kenter Canyon di Los Angeles, California, 28 Oktober 2019.
Sebuah helikopter menyiramkan air untuk memadamkan api kebakaran yang dijuluki "Getty Fire" yang menghanguskan kawasan Kenter Canyon di Los Angeles, California, 28 Oktober 2019.

Petugas pemadam di California berupaya keras memadamkan kebakaran baru hari Senin, yang mulai berkobar di dekat Museum Getty di Los Angeles. Ini adalah yang terbaru dari serangkaian kebakaran yang terjadi di negara bagian itu.

Kebakaran di sisi barat Los Angeles itu telah melalap lebih dari 250 hektar lahan sejak mulai berkobar Senin subuh, dan telah membakar sedikitnya delapan rumah. Daerah itu termasuk lokasi rumah-rumah termahal di kota tersebut dan kebakaran memaksa ribuan orang mengungsi.

Walikota Los Angeles Eric Garcetti mengatakan kawasan yang dilanda kebakaran meluas hingga 200 hektar sejak api menyala Senin subuh dan membakar setidaknya lima rumah. Beberapa rumah termahal di kota itu terletak di daerah tersebut.

Bintang bola basket LeBron James, yang tinggal di daerah itu, sebelumnya mengatakan, ia mengungsi bersama keluarganya, tetapi mengalami kesulitan mendapatkan kamar hotel yang kosong di dekat sana. Belakangan melalui cuitannya, pemain klab Los Angeles Lakers itu menulis bahwa ia menemukan tempat untuk menampung ia dan keluarganya.

Petugas pemadam kebakaran California memerangi beberapa kebakaran di negara bagian itu, termasuk kebakaran besar di kawasan ladang anggur.

Kebakaran hari Senin (29/10) terjadi di dekat jalan raya utama Interstate 405 dan mereka yang melaluinya mengunggah foto-foto di media sosial yang memperlihatkan perbukitan di sekitar jalan itu dilalap api. Para petugas memantau kondisi kelembaban yang rendah dan angin kencang yang mengancam dalam beberapa hari mendatang, yang akan membuat upaya pemadaman api semakin sulit.

Para petugas di Museum Getty mengatakan api belum mendekati bangunan itu, yang terbuat dari tembok batu tebal untuk melindunginya dari api.

Petugas berusaha memadamkan kebakaran dekat Getty museum di kota Los Angeles, California, hari Senin (28/10).
Petugas berusaha memadamkan kebakaran dekat Getty museum di kota Los Angeles, California, hari Senin (28/10).

Para petugas pemadam California secara simultan berupaya keras memadamkan api di negara bagian itu, termasuk kebakaran besar di Kabupaten Sonoma di bagian utara, yang merupakan lokasi banyak tempat pembuatan anggur terkenal di sana.

Juru bicara Gedung Putih, Judd Deere, mengatakan Gedung Putih telah menghubungi pejabat negara bagian dan lokal di California, termasuk Gubernur Newsom.

Gubernur California Gavin Newsom mengatakan ada harapan bahwa Senin malam ini waktu setempat, angin yang mendorong kebakaran akan "secara substansial mereda," sementara sekitar 3.000 orang berusaha memadamkan api.

Amerika bagian barat umumnya dilanda banyak kebakaran hutan pada saat ini tahun ini. Kombinasi antara kelembaban yang rendah dan angin kencang menimbulkan kondisi yang mudah memicu kebakaran. [ka/jm, uh/lt]

XS
SM
MD
LG