Tautan-tautan Akses

Hadapi Angin Kencang, California Padamkan Listrik


Dua pemadam kebakaran memantau kebakaran Kincade dekat Geyserville, California, Kamis, 24 Oktober 2019.
Dua pemadam kebakaran memantau kebakaran Kincade dekat Geyserville, California, Kamis, 24 Oktober 2019.

California bersiap-siap menghadapi tiupan angin berkecepatan "ekstrem" dan "kemungkinan bersejarah," kata peringatan Dinas Cuaca Nasional, Sabtu (26/10).

Para pejabat negara bagian memerintahkan sedikitnya 50.000 orang untuk mengungsi sementara kebakaran hutan di dekatnya terus membara.

Selain itu, jutaan lebih penduduk California akan menghadapi pemadaman listrik. Perusahaan listrik Pacific Gas & Electric, Sabtu (26/10) siang, memutuskan untuk memadamkan aliran listrik ke sejumlah besar pelanggan. Pemadaman itu akan berdampak pada hampir satu juta pelanggan, sehingga berdampak pada hampir 3 juta orang.

Dalam sebulan belakangan, PG&E telah memadamkan listrik bagi ribuan pelanggan dalam upaya untuk mencegah penyebaran api. PG&E menghadapi kebangkrutan karena dinilai ikut bertanggung jawab dalam kebakaran hutan hebat belum lama ini, termasuk satu kebakaran tahun lalu yang menewaskan 85 orang di kota Paradise, California utara.

Para peramal cuaca mengatakan tiupan angin panas dan kering, sebagian berkecepatan hingga 112 kilometer per jam, diperkirakan akan dimulai Sabtu (26/10) malam dan bertahan hingga Senin (28/10) di kawasan San Francisco Bay. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG