Tautan-tautan Akses

Kasus Covid-19 di Afrika Selatan Lampaui Setengah Juta


Seorang pekerja kesehatan merawat seorang pasien di kota Khayelitsha dekat Cape Town, Afrika Selatan, 21 Juli 2020. (Foto: REUTERS/Mike Hutchings)

Kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di Afrika Selatan telah melampaui setengah juta, sementara kasus di Afrika secara keseluruhan mendekati satu juta. Kementerian Kesehatan mengatakan pada hari Sabtu (1/8).

Afrika Selatan mencatat 10.107 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi, sehingga totalnya mencapai 503.290, kata kementerian itu, sebagaimana dilansir Reuters.

Lebih dari 3 juta orang sejauh ini telah diuji di Afrika Selatan, yang mengkonfirmasi kasus pertamanya lima bulan lalu, dan tercatat menimbulkan 8.153 kematian. Sementara Afrika mencatat adanya 934.558 kasus dan 19.752 kematian, menurut penghitungan Reuters.

Afrika Selatan memberlakukan karantina wilayah untuk mencegah penyebaran virus, namun sekarang mulai melonggarkannya demi tujuan peningkatan ekonomi. Hal tersebut menyebabkan infeksi melonjak dalam dua bulan terakhir.

"Karantina berhasil menunda penyebaran virus lebih dari dua bulan, mencegah peningkatan infeksi yang tiba-tiba dan tidak terkendali pada akhir Maret," kata Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa dalam pernyataan terpisah. [ah]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG