Tautan-tautan Akses

Karir Apa yang akan Dijalani Jack Ma setelah Mundur dari Alibaba?


Pendiri Alibaba, Jack Ma (kiri) saat upacara penutupan Asian Games di Jakarta, 2 September 2018.

Pengumuman mengejutkan pendiri Alibaba Jack Ma pekan lalu bahwa ia akan mundur sebagai kepala perusahaan jual beli daring terbesar di dunia itu, memicu diskusi tentang karir apa yang akan ia jalani berikutnya dan apakah pemerintah China berada di balik keputusan itu.

Beberapa analis mengatakan pemerintah ingin meningkatkan pengaruhnya atas raksasa global China seperti Huawei dan klub BAT, Baidu, Alibaba dan Tencent. Langkah itu tidak akan banyak membuka peluang bagi pengusaha besar dan independen seperti Jack Ma.

Ma dan pemerintah China belum berkomentar secara terbuka tentang spekulasi mengenai motivasi pengunduran diri Ma.

Banyak yang percaya Beijing perlu meningkatkan diplomasi ekonominya pada saat negara itu menghadapi tantangan berat perdagangan dari pemerintahan Trump di Amerika, dan bila ingin melihat perusahaan domestik mengambil pendekatan berdasar kebijakan dan bukan hanya berfokus pada pengambilan keuntungan.

Perusahaan-perusahaan China yang menembus pasar internasional adalah bagian penting diplomasi ekonomi Beijing.

Alibaba sejauh ini sangat efektif karena membeli saham berbagai perusahaan asing dan membantu ekspor barang-barang China melalui toko daringnya.

Analis percaya, langkah karir Ma selanjutnya akan menjawab pertanyaan apakah keputusannya terkait rencana permainan China dalam bidang diplomasi ekonomi. (ka)

Recommended

XS
SM
MD
LG