Tautan-tautan Akses

Alibaba Grup Gagal Akusisi MoneyGram


Logo MoneyGram di luar sebuah bank di Wina, Austria, 28 Juni 2016.

MoneyGram Internasional dan Ant Financial Services Grup, unit usaha Alibaba Grup milik miliarder China, Jack Ma, mengumumkan kedua belah pihak setuju mengakhiri persetujuan merger, Reuters dan Associated Press melaporkan.

MoneyGram, perusahaan jasa pengiriman uang asal Amerika dan Ant Financial tidak mendapat persetujuan dari Komite Investasi Asing Amerika Serikat (CFIUS),atas rencana merger senilai 1,2 miliar dolar tersebut, kedua perusahaan mengatakan dalam pernyataan pers bersama.

Kegagalan transaksi ini memperlihatkan semakin ketatnya pemeriksaan Amerika atas rencana investasi China. CFIUS bertanggung jawab untuk mengkaji rencana akusisi perusahaan Amerika oleh investor asing atas dasar keamanan nasional.

“Lingkungan geopolitik telah jauh berubah sejak kami mengumumkan rencana transaksi dengan Ant Financial hampir satu tahun lalu,” kata CEO MoneyGram, Alex Holmes, dalam sebuah pernyataan, Selasa (2/1), seperti dikutip oleh Associated Press. “Meski kami sudah mengusahakan yang terbaik untuk bekerja sama dengan pemerintah AS, sekarang jelas CFIUS tidak akan menyetujui merger ini.”

Alasan kemungkinan penolakan oleh CFIUS belum jelas.

Ant Financial membayar ongkos pengakhiran perjanjian kepada MoneyGram senilai 30 juta dolar.[fw/au]

XS
SM
MD
LG