Tautan-tautan Akses

Tingkatkan Ekspor, Indonesia Lirik Kerja Sama Dengan Jack Ma


Jack Ma, pemimpin Alibaba Corporation, bersama atlet renang Sun Yang menghadiri upacara penutupan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu, 2 September 2018.

Indonesia akan bermitra dengan Jack Ma, CEO perusahaan e-commerce China, Alibaba, untuk meningkatkan ekspor dengan menggunakan ekosistem Alibaba, terutama untuk ekspor ke China, kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada Reuters, Minggu (3/8).

"Kami juga membahas bagaimana bisa bekerja sama untuk mengembangkan bakat-bakat teknologi untuk memenuhi kebutuhan Indonesia dan kawasan," kata Rudiantara setelah pertemuan dengan Ma dan Presiden Joko Widodo, Sabtu (1/8).

Pendiri Alibaba tersebut berada di Jakarta pada akhir pekan untuk menghadiri Asian Games 2018. Ma ditunjuk sebagai penasihat e-commerce untuk pemerintah Indonesia pada 2017.

McKinsey dalam laporan yang dirilis pada 30 Agustus memperkirakan nilai pasar e-commerce Indonesia akan berkembang menjadi setidaknya $55 miliar (sekitar 810 triliun rupiah) dari $8 miliar pada 2017.

Alibaba adalah perusahaan e-commerce terbesar di China. Namun ekosistemnya mencakup platform pembayaran ‘Alipay’ dan anak perusahaan cloud computing.

Kata Rudiantara, detil dari perjanjian kerja sama akan difinalisasi dalam kunjungan kedua Jack Ma pada Oktober. [ft/dw]

Recommended

XS
SM
MD
LG