Tautan-tautan Akses

Kapal Perang AS Lepaskan Tembakan Peringatan ke Arah Kapal Militer Iran


Sebuah kapal Iran mengarah ke kapal patroli pantai Angkatan Laut AS USS Thunderbolt (Kanan) di Teluk Persia dalam gambar dari video yang dirilis Angkatan Laut A.S., 25 Juli 2017

Sebuah kapal Angkatan Laut Amerika yang berpatroli di Teluk Persia melepaskan tembakan peringatan ke arah kapal Garda Revolusioner Iran yang datang sangat dekat ke kapal Amerika itu Selasa pagi waktu setempat.

Kapal USS Thunderbolt melepaskan "beberapa tembakan peringatan" ke arah kapal Iran itu, setelah kapal yang bergerak dengan kecepatan tinggi itu berada dalam jarak 140 meter dari kapal Amerika , kata seorang pejabat pertahanan Amerika hari Selasa.

Pernyataan Angkatan Laut Amerika menyebut tindakan kapal Iran itu "tidak aman dan tidak profesional."

"Tindakan kapal Iran tidak sesuai dengan peraturan pelayaran yang diakui secara internasional ... atau kebiasaan maritim yang diakui secara internasional, karena menimbulkan risiko terjadinya tabrakan," Angkatan Laut dalam pernyatannya.

Tembakan tersebut dilakukan sebagai upaya terakhir setelah kapal Iran tersebut tidak menanggapi seruan melalui radio dan sinyal suara dari kapal- kapal Amerika, termasuk lima suara peluit dari kapal Angkatan Laut Amerika, yang merupakan lambang tanda bahaya internasional.

Dua kapal Penjaga Pantai Amerika berpatroli bersama kapal USS Thunderbolt ketika terjadi insiden tersebut, kata seorang pejabat pertahanan kepada VOA.

"Tindakan tidak aman dan provokatif Iran ini hanya meningkatkan risiko salah perhitungan," tambahnya.

Bulan lalu sebuah kapal militer Iran mengarahkan sinar laser ke ebuah helikopter Amerika yang mengawal tiga kapal militer Amerika di Selat Hormuz.

Komandan Bill Urban, juru bicara Armada Kelima Angkatan Laut Amerika, mengatakan, kapal Iran tersebut berada dalam jarak 730 meter dari kapal perang Amerika USS Bataan. (SP/II)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG