Tautan-tautan Akses

Kanada, Eropa, WTO Beri Tanggapan Negatif pada Ancaman Trump Terhadap Impor Baja, Aluminium


Presiden Donald Trump berbicara dalam rapat dengan kalangan eksekutif baja dan aluminum di Ruang Kabinet di Gedung Putih, Kamis, 1 Maret 2018, di Washington, D.C. (foto: AP Photo/Evan Vucci)

“Sepenuhnya tidak dapat diterima” kata perdana menteri Kanada Justin Trudeau hari Jum’at dalam menanggapi rencana Presiden Trump mengenakan bea masuk 25% untuk impor baja dan 10% bagi impor aluminium.

Trudeau mengatakan, ia siap “membela industri negaranya.” Kanada adalah sumber asing terbesar bagi Amerika untuk kedua logam itu. Ia mengingatkan bahwa tarif yang dimaksud juga akan merugikan konsumen dan bisnis Amerika karena harga akan naik.

Uni Eropa juga tersentak oleh rencana Trump itu, terbukti dari peringatan presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker bahwa Uni Eropa pada hakikatnya bisa membalas dengan mengenakan pajak terhadap barang buatan Amerika seperti blue jeans dan sepeda motor Harley-Davidson.

Juncker mengatakan kepada media Jerman hari Jum’at bahwa ia tidak suka kata “perang dagang.” Tetapi tambahnya “saya tidak dapat melihat ini bukan bagian dari perilaku perang.”

Sebelumnya pada hari sama Trump mencuit “perang dagang bagus dan mudah dimenangkan.”

Direktur Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Roberto Azevedo menanggapi dengan tenang dengan mengatakan “perang dagang tidak akan menguntungkan siapa pun.”

Trump hari Jum’at membela ancamannya hendak mengenakan tarif tersebut dengan mengatakan potensi terjadi konflik perdagangan bisa bermanfaat bagi Amerika. [as]

XS
SM
MD
LG