Tautan-tautan Akses

Kanada Barat Nyatakan Darurat Kebakaran, Evakuasi Meningkat 


Asap membubung dari api kebakaran hutan tampak di Highway 3 dekat Kota Osoyoos, British Columbia, 20 Juli 2021. (Foto: Twitter @DylanGaleas via Reuters)

Provinsi British Columbia di bagian barat Kanada mengumumkan keadaan darurat pada Selasa (20/7), ketika kebakaran hutan diperkirakan akan menjadi lebih besar dalam beberapa hari mendatang karena panas tinggi dan angin kencang.

Sekitar 5.700 orang diperintahkan untuk mengungsi di provinsi itu pada Selasa (20/7). Jumlah itu lebih dari dua kali lipat penghitungan hari sebelumnya, karena wilayah yang terancam bertambah besar.

Sekitar 32 ribu lebih penduduk telah berada dalam siaga.

“Tolong siapkan rencana evakuasi untuk keluarga Anda,” kata Cliff Chapman, direktur operasi untuk Dinas Kebakaran British Columbia.

Kebakaran telah melanda Kanada bagian barat dan Pantai Barat Amerika Serikat (AS) selama beberapa minggu setelah gelombang panas yang membakar pada akhir Juni yang menurut para ahli terkait dengan perubahan iklim.

Chapman mengatakan area sekitar 3.000 kilometer persegi telah terbakar di British Columbia – lebih dari tiga kali lebih luas dari rata-rata area yang biasanya terbakar pada titik itu di tahun ini.

Di provinsi itu kini terdapat hampir 300 area kebakaran hutan aktif, yang dipicu oleh cuaca panas dan kering yang diperkirakan akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang, selain kecepatan angin yang dapat menyebarkan api.

Di Amerika Serikat, lebih dari 80 kebakaran besar terjadi, yang terbesar terjadi di negara bagian Oregon. Kebakaran yang dijuluki Bootleg Fire telah menghanguskan hampir 390 ribu hektare. Luas kawasan yang terbakar itu lebih besar dari Los Angeles.

“Memadamkan api ini adalah maraton, bukan lari cepat,” kata Rob Allen, komandan petugas pemadam kebakaran di zona itu, dalam sebuah pernyataan, Selasa (20/7).

“Kita berada di sini selama yang diperlukan untuk membendung monster ini dengan aman.” Asap telah mencapai sejauh bagian timur Amerika Serikat dan Kanada, yang sebagian diselimuti kabut asap abu-abu, Selasa (20/7). [lt/ft]

Lihat komentar (1)

Recommended

XS
SM
MD
LG