Tautan-tautan Akses

Kartu Vaksinasi Palsu $200, Jumlah Penipuan Terkait COVID Meningkat


Contoh kartu vaksinasi COVID-19 palsu. (Departemen Pengendalian Minuman Beralkohol California via AP)
Contoh kartu vaksinasi COVID-19 palsu. (Departemen Pengendalian Minuman Beralkohol California via AP)

Pakar keamanan siber menyatakan ribuan akun media sosial menawarkan kartu vaksinasi palsu dan berjanji menambahkan catatan vaksinasi palsu ke dalam basis data elektronik.

Kebanyakan warga Amerika yang divaksinasi membuktikan telah divaksinasi dengan membawa selembar kertas kecil yang diisi dengan tulisan tangan. Kartu ini berisi nama lengkap seseorang, tanggal lahir, jenis vaksin, jumlah dosis dan nomor batch.

Catatan itu dirancang untuk menginformasikan, bukan melindungi dari penipuan, menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS (HHS). Isaac Bledsoe dari Kantor HHS mengemukakan.“Kartu itu sendiri diperuntukkan sebagai alat komunikasi antara penyedia layanan kesehatan dan pasien untuk menunjukkan bahwa mereka telah divaksinasi. Bahkan menjadi pengingat untuk menunjukkan jika tiba waktunya, bahwa dosis kedua sudah perlu diberikan.”

Kartu Vaksinasi Palsu $200, Jumlah Penipuan Terkait COVID Meningkat
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:48 0:00

Kartu tersebut masih banyak digunakan sebagai bukti vaksinasi di Amerika hingga saat ini. Ketika semakin banyak perusahaan yang meminta bukti vaksinasi, pejabat mengungkapkan semakin banyak kartu palsu yang beredar. Kembali Bledsoe menjelaskan,“Kami menyaksikan dari awal tahun 2021, ketika kami menerima antara 5-6 keluhan per hari ke sekarang barangkali sekitar 20-25 keluhan per hari melalui hotline terkait kartu vaksinasi palsu.”

Pakar keamanan siber mengatakan situs yang menawarkan kartu vaksin palsu telah berpindah dari darknet atau situs gelap internet yang menawarkan jasa atau barang ilegal ke situs-situs yang biasa digunakan di internet. “Ini situasi yang sangat buruk. Mereka menggunakan Facebook, Instagram, Telegram, dan WhatsApp untuk memasarkan dan mempromosikan kartu-kartu itu,” jelas Eric Feinberg dari Coalition for a Safer Web.

Mesin laminasi dan kartu vaksinasi COVID-19 palsu yang disita pihak berwenang . (Departemen Pengawasan Minuman Beralkohol California via AP)
Mesin laminasi dan kartu vaksinasi COVID-19 palsu yang disita pihak berwenang . (Departemen Pengawasan Minuman Beralkohol California via AP)

Di grup online tertentu, kartu vaksinasi palsu ditawarkan secara terbuka dan ada klien yang senang dan mempublikasikan foto mereka dengan kartu palsu itu. Para ahli dari Coalition for a Safer Web bahkan mencoba sendiri, pemalsu kartu vaksinasi merespon dengan cepat dan menjamin penyerahan kartu yang bisa dilakukan ke seluruh AS.

Beberapa pakar dari Check Point Software Technologies menyatakan penjualan meningkat secara dramatis setelah pemerintah mengeluarkan mandat atau kewajiban divaksinasi untuk pegawai federal.

Mereka juga menambahkan salah satu solusi yang mungkin adalah mengembangkan sebuah database vaksinasi federal terpadu dan kartu digital yang memverifikasi status vaksinasi – sesuatu yang sudah dilakukan beberapa negara Eropa. [mg/jm]

XS
SM
MD
LG