Tautan-tautan Akses

Jumlah Korban Tewas Akibat Letusan Gunung Semeru Jadi 13


Warga menyusuri jalan yang tertutup abu vulkanik yang dimuntahkan Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, 5 Desember 2021. (Foto: Antara/Zabur Karuru via REUTERS)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan jumlah korban tewas akibat erupsi Gunung Semeru bertambah menjadi 13 orang pada Minggu (6/12), sementara para petugas penyelamat yang bekerja semalaman berhasil mengangkat 10 orang dari puing-puing.

Erupsi mendadak gunung terbesar di Jawa itu mengejutkan penduduk pada Sabtu (4/12). Ribuan orang bergegas menyelamatkan diri dan ratusan keluarga terpaksa mengungsi ke tempat-tempat penampungan.

Sedikitnya 11 desa di Kabupaten Lumajang tertimbun abu vulkanik, menenggelamkan rumah-rumah, membunuh hewan ternak dan menyebabkan sejumlah orang mengungsi di masjid-masjid.

Video memperlihatkan Semeru memuntahkan kepulan abu tebal ke angkasa, membuat warga berteriak ketakutan dan lari menyelamatkan diri dari sebuah desa di dekatnya.

"Jumlah korban meninggal dunia menjadi 13 orang. Petugas penyelamat menemukan lebih banyak jenazah," kata Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari kepada AFP. Sebanyak 10 orang yang terperangkap, diselamatkan dari area sekitar di Lumajang, Jawa Timur, kata Muhari.

Warga terdampak erupsi Gunung Semeru dievakuasi di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, 4 Desember 2021. (Foto: Antara/Muhammad Sidkin Ali via REUTERS)
Warga terdampak erupsi Gunung Semeru dievakuasi di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, 4 Desember 2021. (Foto: Antara/Muhammad Sidkin Ali via REUTERS)

Sedikitnya 57 orang cedera dalam erupsi itu, 41 di antaranya mengalami luka bakar, kata BNPB dalam siaran pers.

Badan itu telah mengirim bantuan, termasuk pangan, terpal, masker, dan kantong jenazah. [vm/ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG