Tautan-tautan Akses

Gunung Semeru Meletus


Gunung Semeru menyemburkan abu saat erupsi di Lumajang, Jawa Timur, 16 Januari 2021. (Foto: BNPB via AFP)
Gunung Semeru menyemburkan abu saat erupsi di Lumajang, Jawa Timur, 16 Januari 2021. (Foto: BNPB via AFP)

Gunung Semeru mengalami erupsi setelah terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik. Guguran awan panas dari gunung tersebut terlihat mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) pukul 15.20 WIB.

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, Ph.D dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/12), mengatakan sejauh ini belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa. Kerugian materil dan dampak lainnya juga masih dalam pendataan.

Gunung Semeru mengeluarkan asap, 18 Maret 2007. (Foto: REUTERS/Sigit Pamungkas)
Gunung Semeru mengeluarkan asap, 18 Maret 2007. (Foto: REUTERS/Sigit Pamungkas)

Ia mengatakan guguran awan panas Semeru tercatat mulai terjadi pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 mili meter. Pada pukul 15.10 WIB, katanya, Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Pos Gunung Sawur melaporkan abu vulkanik tersebut menyebabkan beberapa titik lokasi menjadi gelap. Hingga kini Semeru masih tertutup kabut disertai hujan dengan intensitas sedang.

Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menunjukkan guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat dan para penambang untuk tidak beraktivitas di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Mujur dan Curah Kobokan. Selain itu tim BPBD Lumajang juga tengah mengupayakan untuk mendirikan titik pengungsian sektoral di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Lumajang.

Gunung Semeru termasuk salah satu gunung api yang aktif dalam aktivitas vulkaniknya. Salah satu letusannya yang fenomenal terjadi pada 1 Desember 1977. PVMBG mencatat guguran lava Semeru saat itu menghasilkan awan panas guguran dengan jarak hingga 10 km di Besuk Kembar. Volume endapan material vulkanik yang teramati mencapai 6,4 juta meter kubik. [ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG